Gelar Seleksi Atlet Nomor Sepatu Roda Cepat, Skateboard, Slalom dan Freestyle 

KARAWANG – Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Kabupaten Karawang berhasil meraih 5 medali emas dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 lalu. Porserosi menargetkan bisa mempertahankan pencapaian tersebut dalam gelaran Porprov 2022 dengan aktif menjaring atlet-atlet terbaik melalu proses seleksi atlet sepanjang Januari 2021.

Ketua Umum Porserosi Karawang, Dadang S Muchtar, melalui Sekretaris, Nino Hendarmin, didampingi Bendahara, Fajar Heryadi, mengatakan, seleksi atlet dilakukan sebagai persiapan menghadapi babak kualifikasi (BK) Porprov.

“Kemungkinan BK Porprov digelar tahun ini, tapi hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi kapan waktu pelaksanaannya. Kendati demikian, kami tetap memulai persiapan atlet agar bisa tampil maksimal di BK Porprov,” ujar Nino, Minggu (24/1/2021).

Dijelaskan Nino, berbeda dari seleksi persiapan Porprov sebelumnya yang hanya menjaring atlet untuk diturunkan dalam nomor sepatu roda cepat, seleksi atlet kali ini dilakukan juga untuk menyiapkan atlet yang akan bersaing dalam nomor skateboard, sepatu roda slalom dan sepatu roda freestyle.

“Dalam Porprov 2022, Pengprov Porserosi Jawa Barat berencana tak hanya mempertandingkan nomor sepatu roda cepat, tapi akan mempertandingkan nomor skateboard, sepatu roda slalom dan sepatu roda freestyle. Oleh karena itu, kami menggelar seleksi atlet untuk nomor-nomor tersebut,” ucapnya.

Nino menuturkan, saat ini Porserosi sedang menggelar seleksi atlet untuk diturunkan mengikuti nomor sepatu roda cepat. Proses seleksi berlangsung di Lapangan Karangpawitan, 24-25 Januari 2021 dengan diikuti 30 atlet dari dua klub yaitu KISS dan KPIC.

“Untuk nomor sepatu roda cepat kami akan menjaring 20 atlet. Slalom dan freestyle masing-masing telah diisi dua atlet. Sedangkan skateboard sebanyak lima atlet,” tuturnya.

Nino berharap, dengan seleksi atlet yang dilakukan, atlet-atlet Porserosi Karawang bisa tampil baik di BK Porprov dengan meraih tiket terbaik untuk berlaga di Porprov 2022.

“Lebih jauhnya, dengan persiapan ini kami tak hanya meraih tiket maksimal di BK Porprov, tapi bisa mempertahankan pencapaian lima emas Porprov 2018 di Porprov Jabar 2022. Syukur-syukur kami bisa kembali meraih juara umum seperti di Porprov 2014,” harapnya.

Lebih lanjut, Nino menambahkan, seleksi atlet terselenggara dengan dukungan anggaran dari ketua umum Porserosi dan orang tua atlet.

“Terima kasih atas support ketua, pengurus dan orang tua selama ini, sehingga sepatu roda Karawang bisa berprestasi. Tentunya kami juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, khususnya Pemkab Karawang dan KONI Karawang untuk bisa merealisasikan target mempertahankan pencapaian Porprov 2018, terutama dukungan terkait alat-alat atau fasilitas bertanding atlet,” katanya.

Seperti diketahui, Porserosi Karawang sukses menjadi cabang olahraga penyumbang medali terbanyak untuk Karawang dalam gelaran Porprov 2018 di Kabupaten Bogor. Saat itu, atlet-atlet sepatu roda Karawang membawa pulang 5 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. (dea)