Bertekad Dorong Kemajuan dan Prestasi Olahraga Karawang

KARAWANG – Pengurus Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Kabupaten Karawang periode 2020-2024 resmi dilantik Ketua Umum BAPOPSI Provinsi Jawa Barat, Dadang Abdulrakhman di Rumah Makan Indo Alam Sari Karawang, Kamis (3/6/2021).

Dalam acara yang dihadiri Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, Kadisdikpora Karawang, Asep Junaedi, Ketua Umum KONI Karawang, Sayuti Haris, dan beberapa tamu undangan dilantik sebanyak 37 pengurus BAPOPSI Karawang di bawah komando Ketua Umum, Jaeni.

“Selamat atas dilantiknya pengurus BAPOPSI Karawang. Kami berharap seluruh pengurus bisa amanah sesuai dengan tujuan, fungsi, tugas dan tanggung jawab yang tercantum dalam AD/ART. Sehingga olahraga di Karawang bisa berprestasi dan menjadi kebanggaan masyarakat Karawang. Kami dari Pemerintah Kabupaten Karawang tentunya akan selalu mensupport,” ujar Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, dalam sambutannya.

Ketua BAPOPSI Jawa Barat, Dadang Abdulrakhman, mengatakan, menjadi pengurus BAPOPSI merupakan tugas yang mulia. Pasalnya, BAPOPSI bukanlah organisasi komersial artinya tidak ada upah secara finansial. Kendati demikian, BAPOPSI memiliki tugas cukup berat karena bertanggung jawab dalam pembangunan bidang olahraga di Karawang.

“Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam AD/ART yaitu fungsi BAPOPSI adalah pembibitan, pembinaan dan pencapaian prestasi dengan sasarannya seluruh pelajar mulai jenjang SD, SMP, SMA sederajat sehingga BAPOPSI bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan event olahraga di Karawang termasuk pengiriman atlet ke tingkat provinsi bahkan menunjang pencapaian prestasi olahraga nasional. Oleh karena itu kami mohon ketua umum untuk segera berkoordinasi dan menyusun konsep strategis rencana program dan rencana aksi, karena di depan sudah menanti kegiatan multi event tingkat wilayah, regional maupun nasional,” ucapnya.

Ketua BAPOPSI Karawang, Jaeni, didampingi Sekretaris Umum, Heri Suryana, dan Bendahara Umum, Kosasih, mengaku bersyukur acara pelantikan bisa berjalan dengan lancar. Sebagai mitra olahraga pelajar dan sebagai anggota fungsional KONI Karawang, BAPOPSI akan menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawab semaksimal mungkin dalam hal pembibitan, pembinaan dan pencapaian prestasi pelajar yang diharapkan ke depannya akan bermuara pada meningkatnya prestasi atlet Karawang di level senior yang berada di bawah pembinaan KONI Karawang, seperti berprestasi di gelaran Porprov Jawa Barat.

“Untuk itu, agar kepengurusan BAPOPSI bisa amanah menjalankan organisasi sesuai tujuan, fungsi, tugas, dan tanggung jawab yang ada dalam AD/ART, kami langsung menggelar bimtek peningkatan kapasitas mutu organisasi olahraga Kabupaten Karawang dengan narasumber Ketua Umum BAPOPSI Provinsi Jawa Barat, Pak Dadang Abdulrakhman. Dalam bimtek beliau memaparkan terkait sistem manajemen BAPOPSI, peran BAPOPSI, fungsi BAPOPSI, dan lainnya. Insyaallah dengan kebersamaan dan kekompakan seluruh pengurus serta dukungan semua pihak, BAPOPSI Karawang bisa meningkatkan prestasi atlet pelajar dan mendorong kemajuan olahraga di Karawang,” kata Jaeni yang menjabat juga sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Karawang. (dea)