Pembinaan Sepakbola Usia Dini Yang Masih Eksis di Kabupaten Karawang

SEPAK bola adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dan kebudayaan manusia zaman sekarang ini. Sepakbola bersifat universal, diterima dan disukai masyarakat secara global. Emosi dan semangat yang dibawa setiap pertandingannya mampu memikat perhatian banyak orang, tanpa memandang golongan dan kelompok. Sebagaimana cabang-cabang olahraga lainnya, sepakbola juga melahirkan pribadi yang sehat, jiwa sportifitas dan kebersamaan baik antara pemain maupun suporter.

Ditengah ketidak pastiaan event berskala Nasional khusus di usia dini, maka Bina Patra FA hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bina Patra Fantasista Akademi terus eksis membina pemain sepak bola usia dini di Kabupaten Karawang. Akademi yang memiliki home base di Lapangan Yonif 305 Telukjambe Timur aktif membina pemain mulai usia 8 hingga 15 tahun.

Dibimbing pelatih-pelatih berpengalaman dan berlisensi, Bina Patra Fantasista Akademi yang berada di bawah naungan Fantasista Football Store memiliki sederet prestasi yang membanggakan, seperti runner-up Liga Top Skor Karawang U13 2022, juara satu FJL Seri Nasional 2020, runner-up FJL Divisi Utama Jabar 2019, juara satu Jakarta Elite Tournament 2018, delapan besar Piala Shah Alam Cup 2018 di Malaysia, dan sederet prestasi lainnya.

Selain itu, akademi sepakbola yang didirikan Rosada dan Zulfikar Arpi pada 16 agustus 2016 ini telah banyak melahirkan pemain bertalenta yang memperkuat klub sepak bola bermain di Liga 3 hingga membela Karawang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat.

CEO Bina Patra Fantasista Akademi, Zulfikar Arpi mengatakan, tujuan didirikannya akademi sebagai wadah bagi anak-anak di Karawang dan sekitarnya untuk mencapai impian menjadi pemain sepak bola profesional.

Oleh karena itu, selain dibina pelatih berkompeten seperti head coach Isa Suwanjani yang merupakan akademisi lulusan UPI dan pelatih berlisensi nasional, coach Herdy Sofiq yang merupakan pelatih fisik Porprov Karawang dan Persika yang juga berlisensi nasional, dan pelatih lainnya seperti coach Dwi, coach Krisna Refaldi, Bina Patra Fantasista Akademi juga memiliki sistem manajemen yang baik, peralatan latihan yang memadai dan home base lapangan yang baik pula untuk menunjang proses latihan yang maksimal.

“Keberadaan pelatih-pelatih yang berkualitas tentunya untuk membentuk program latihan yang berkualitas pula sesuai dengan kurikulum sepakbola Indonesia (Filanesia) yg baik untuk perkembangan usia dini di Karawang. Karena kami berkomitmen untuk ikut terlibat dalam perkembangan sepak bola di Karawang khususnya dan umumnya di Indonesia, dengan harapan bisa menyiapkan pemain sepakbola yang dapat membawa Indonesia bersaing di dunia (piala dunia),” ujar Zulfikar.

Sekadar informasi, Bina Patra Fantasista Akademi yang aktif menggelar proses latihan seminggu tiga kali setiap Selasa, Kamis dan Minggu di Lapangan Yonif 305, terus membuka kesempatan bagi anak-anak Karawang yang ingin menyalurkan bakatnya untuk bergabung. Selain bisa datang langsung saat jadwal latihan berlangsung.

Adanya pembinaan sepakbola usia dini ini, diharapkan akan menjadi barometer keberhasilan anak-anak karawang yang ingin menyalurkan prestasinya dibidang olahraga sepakbola. Jadi ini akan menjadi pembinaan yang positif bagi anak-anak karawang untuk meningkatkan prestasinya di kanca nasional ataupun internasional, PSSI Karawang yang sekarang sangat mendukung untuk kemajuan sepakbola yang berada di Kabupaten Karawang yang mendata SSB/CLUB yang berada di karawang yang masih aktif. Dan PSSI Karawang juga akan menyelenggarakan lagi turnamen Divisi Utama, Divisi Satu, dan Soeratin di Zona Karawang. Serta pelatih-pelatih di karawang dibekali juga dengan kemampuan tambahan yaitu mengikuti pelatihan/Licence pelatih sepakbola yang di adakan oleh disdikpora karawang agar dapat menciptakan siswa berprestasi dalam olahraga sepakbola. (*)

Oleh: Krisna Refaldi S.Pd
Asal Institusi: Universitas Singaperbangsa Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email