KARAWANG, Spirit
Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Karawang, berharap pelaksanaan proyek infrastruktur pada 2016 dapat dimulai lebih awal agar serapan anggaran tidak “dikejar” pada akhir tahun. Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah setempat, Eka Sanatha mengatakan, sudah melakukan berbagai persiapan agar penyerapan anggaran bisa tercapai tepat waktu.

“Biasanya banyak penyerapan anggaran dilakukan setiap akhir tahun, karena pembangunan atau kegiatan lainnya dilakukan menjelang akhir tahun,” katanya, Sabtu (16/1).

Ia menyatakan, seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang sudah bisa melaksanakan kegiatan tender pengadaan barang dan jasa beserta programnya pada Januari 2016. Tim Anggaran Pemerintah Daerah Karawang telah mengedarkan surat tentang persiapan dan percepatan pelaksanaan kegiatan relisasi APBD tahun anggaran 2016.

“Kami meminta semua organisasi perangkat daerah segera menetapkan dan mengumumkan rencana umum pengadaan serta mengusulkan satu atau beberapa orang sebagai kuasa pengguna anggaran kepada bupati melalui bagian hukum,” kata Eka.

Setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga diingatkan agar segera menetapkan pejabat pembuat komitmen, menetapkan panitia penerima hasil pekerjaan, menetapkan tim peneliti kontrak atas usulan PPK, dan lain-lain.

Eka menegaskan, meski realisasi program atau kegiatan APBD tahun ini mulai digelar lebih awal atau pada Januari 2016, itu harus tetap tertib administrasi sesuai pedoman yang berlaku. (ant)