BEKASI, Spirit – Hajatan olahraga terakbar di Indonesia yang akan dimulai 16 September 2016 dimulai beberapa prosesi.Salah satunya adalah kirab keliling api obor yang diambil dari sumber api Balongan diarak hingga gedung Sate Kota Bandung. Kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX bakal diinapkan di Pendopo Kota Bekasi selama 2 malam 3 hari.

Encu Hermana pejabat Sekretaris Sub-Panitia PON. “Pada tanggal 13 September dibawa ke Tol Barat kemudian oleh petugas dari Depok untuk dibawa ke sana,” kata Encu pada Spirit Jawa Barat Kamis (11/8). Bahkan persiapan pengamanan juga telah disiapkan personel Polres hingga Den POM ikut berpartisipasi.

Menurut Encu pembagian kepanitiaan terdiri dari panitia Pusat Bandung dan sub di Kota Bekasi. “Kalau kita panitia sub 15 Kota dan Kabupaten se Jawa Barat — semuanya mendapat bagian pelaksanaan cabang olahraga. Kebetulan Kota Bekasi mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan pertandingan sepakbola. Sebelumnya kita ajukan catur, sepakbola dan cabang atletik,” ungkap Encu yang mantan Kadisdik Kota Bekasi.

Terkait persiapan yang tengah dilakukan, lanjutnya bahwa Menpora awalnya meminta cabang sepakbola mulai babak penyisihan. “Berangkat dari pemerataan dalam penyelenggaraan maka Kota Bekasi mungkin saja mulai perdelapan final atau enambelas besar cabang bola. Tapi kabar terakhir berkembang berita yang lain jadi mana yang benar kita belum mengetahuinya. Kalau penetapan SK Gubernur terkait cabang sepakbola memang sudah ada cuman saja pada putaran yang mana belum ditentukan,” lanjut Encu lagi.

Secara keseluruhan bahwa prinsipnya Kota Bekasi dinilai Encu Hermana yang kini menjabat Kadisporbudpar telah siap melaksanakan penyelenggaraan cabor sepakbola. Fasilitas pendukung pun oleh Encu telah disiapkan. “Hotel sudah kita siapkan Aston, Hotel Merapi Merbabu, Horison, Ammarrosa, Santika dan Hotel Haris semuanya  berjumlah enam hotel,” tambah Encu.

Pemetaan pun tidak luput dari pantauan panitia-Sub. Maping antara kesebelasan propinsi DKI Jakarta dengan Jak-mania serta Kesebelasan Jawa Barat dengan Viking sebagai pendukungnya menjadi perhatian khusus antisipasi kerusuhan supporter. (Kos)