KARAWANG, Spirit

ENTAH karena kualat oleh leluhur Kampung Cidomba, Desa Pinayungan, Telukjambe Timur, Karawang, pelarian pencuri domba harus berakhir di kampung tersebut. Itulah yang dialami Miko bin Enah (24) pencuri ternak asal kampung Cabang Lio RT 04 RW 04 Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi, . Kejadian berawal saat aksi pelaku mencuri ternak domba kepergok warga, Rabu (20/1) pukul 14.00 WIB. Pelaku langsung kabur kearah Cidomba, dengan mengendarai mobil Suzuki Ertiga Silver. Rupanya pelaku dibuntuti iring-iringan sepeda motor warga yang turut melakukan pengejaran bersama polisi.

Sadar diburu warga, pelaku pun menggila dengan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dengan melintasi ruas jalan Badami-Loji. Aksi ngebut itu cukup membahayakan warga serta pengendara sepeda motor yang saat itu terbilang ramai. Aksi nekat pelaku berakhir karena tak mampu lagi mengendalikan mobil yang kehilangan keseimbangan lantaran pecah ban.

Saat terhenti itulah, mobil pelaku diamuk warga hingga kondisinya hancur. Beruntung, pihak kepolisian yang ada di lokasi langsung mengamankan pelaku dari amukan massa yang sempat berniat membakarnya. Setelah diperiksa, di dalam mobil pelaku juga terdapat dua ekor domba yang diduga hasil curian, namun satu ekor di antaranya sudah mati.

Bersyukur, aksi menegangkan pelaku pencurian ternak domba yang berupaya meloloskan diri dalam kejaran warga dan kepungan polisi tidak menelan pengguna jalan lainnya.

Alhasil, satu dari tiga pelaku dibekuk dan kendaraan pelaku hancur diamuk massa, saat berhasil dihentikan di kawasan Industri Samudra, Kampung Cidomba, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur.

Kapolsek Telukjambe Timur, AKP Winarsa menjelaskan, pihaknya mendapat laporan jika sebelumnya terdapat kejadian pencurian kambing yang diangkut menggunakan mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi B 1403 FOQ di Kecamatan Pangkalan.

“Pelaku akhirnya berhenti di Kawasan Samodra Desa Pinayungan Telukjambe Timur karena ban mobil bagian depan sebelah kiri pecah. Warga yang mengamuk langsung menghancurkan mobil pelaku. Sayang dua pelaku lainnya yang bernama Kopral warga Kampung Asem Lemahabang Cikarang dan Ucok alias Laheru, alamat sama dengan Miko melarikan diri,” kata Kapolsek, saat ditemui di Maposlek Telukjambe Timur.

Menurut dia, saat ini pelaku bersama barang bukti 2 ekor kambing sudah diamankan di Mapolsek Telukjambe Timur. (cr2/Spirit Karawang)