KARAWANG, Spirit – Manajer Badak Lampung FC, Dany Aulia mengapresiasi langkah PSSI menunda Liga Indonesia termasuk Liga 2. Manajer asal Karawang ini menilai penundaan tersebut sebagai langkah tepat karena situasi Indonesia saat ini tengah dilanda virus Corona (Covid-19).



“Ini langkah tepat dari PSSI. Kami juga tidak mau mengambil risiko untuk pemain, pelatih, dan oficial. Tentunya kami akan mengikuti anjuran pemerintah sebagai upaya membantu mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Dany, Rabu (1/4/2020).

PSSI mulai menunda Liga 1 dan Liga 2 sejak 16-29 Maret, penundaan kemudian diperpanjang melalui surat keputusan nomor 48/SKEP/III/2020 tanggal 27 Maret tentang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dalam status keadaan tertentu darurat bencana virus Corona (Covid-19), hingga 29 Mei mendatang.

Dalam surat tersebut ditambahkan, apabila status keadaan tertentu darurat bencana tidak diperpanjang pemerintah RI, maka PSSI akan menginstruksikan PT Liga Indonesia Baru untuk dapat melanjutkan kompetisi terhitung setelah tanggal 1 Juli 2020.

Namun, jika pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana setelah tanggal 29 Mei, dan/atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 akan dihentikan.

“Tentunya lebih baik libur dua bulan, tapi pandemi Corona bisa berakhir. Namun kami juga berharap liga musim ini tidak sampai dihentikan. Semoga Corona segera hilang, sehingga negeri kita tercinta kembali indah dan sepakbola bisa kembali menjadi hiburan untuk masyarakat,” ucapnya.


Kendati setuju dengan langkah PSSI, Dany mengakui, penundaan yang terjadi berdampak kerugian, salah satunya dalam hal persiapan tim.

“Kalau pun liga musim ini dilanjutkan kembali, seluruh klub termasuk kami pasti harus melakukan persiapan lagi,” jelas pria kelahiran Karawang, 22 Februari 1990.

Untuk diketahui, Badak Lampung FC yang diarsiteki Rafael Berges Marin telah menjalani satu laga menghadapi PSKC Cimahi. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, Minggu (15/3), Badak Lampung FC menang 2-0 berkat gol Fajar Handika dan Krismon Gustap Wombaibobo. (epn/dea)