KARAWANG, Spirit

Pemain berdarah Lombok, Indonesia ini disebut  kiper handal Italia, Gianluigi Buffon sebagai  salah satu calon penggantinya di mistar gawang Juventus kelak. Ia Emilio Audero Mulyadi, kiper muda berbakat klub asal Turin tersebut.

Ditengah tuntutan mencari penjaga gawang pengganti Gigi Buffon  yang menginjak usia 38 tahun, Italia gencar membina dan memantu perkembangan beberapa kiper muda di klub klub Serie A. Buffon mencontohkan kip[er AC Milan Gianluigi Donnarumma yang sudah menjadi andalan klubnya di usia 17 tahun.

“Selain Donnarumma , saya menyebut Emil Audero di Jubentus dan Alex Meret di Udinese. Generasi sebelumnya juga memiliki Mattia Perin, Marco Sportiello, Andrea Consigli, Antonio Mirante, dan banyak lahgi,” kata Buffon.

Sebagai catatan, Audero diketahui memiliki darah keturunan Indonesia melalui ayahnya Edy Mulyadi yang berasal dari Lombok, NTT. Namun, kiper kelahiran 1997 itu memilih untuk menjadi warga negara Italia. Dia belum sekalipun tampil bersama tim senior Juve.

Namun, Audero terdaftar dalam squad Juve untuk ajang Liga Champions musim ini. Ia menyingkirkan kiper juve lainnya, Rubinho yang merupakan kiper seniornya di Juventus.  Untuk menggantikan Buffon, Audero tampaknya harus masih bersabar menyusul Buffon masih ingin eksis hingga Piala Dunia 2018.

“Saya ingin menjalani Piala Dunia keenam dan mencatatkan rekor. Penjaga gawang Meksiko, Toto Carbajal dan Lothar Matheus di Jerman Cuma ambil bagian di lima Piala Dunia,” ujarnya.

Sementara, Buffon sudah bergabung dengan tim Azzuri sejak Piala Dunia 1998 di Perancis, kendati tak sekalipun diturunkan.(red)