KARAWANG, Spirit – Untuk ketiga kalinya semenjak di launching oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana pada Agustus 2019 lalu, Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Puskesmas DTP Poned Cibuaya, gelar Donor Darah Sukarela Cibuaya (Dara Suci), Kamis (20/2/2020) di aula Desa Kalidungjaya, Kecamatan Cibuaya.



Kepala UPTD Puskesmas DTP Poned Cibuaya, H. Aep Saefudin mengatakan dalam kegiatan yang dilakukan dalam waktu tiga bulan sekali tersebut Puskesmas Cibuaya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang.

“Kali ini kita gelar di Desa Kalidungjaya, bekerjasama dengan pemerintahan desa setempat. Ini adalah program inovasi Puskesmas Cibuaya yang rutinh diadakan,” jelas Aep kepada Spirit Jawa Barat, usai acara.


Lebih lanjut, Aep mengatakan dalam kegiatan Dara Suci kali ini, antusias masyarakat tinggi dengan jumlah pendaftaran sampai dengan 70 orang meski terkendala oleh cuaca.

“Karena cuaca hujan dari semalam, membuat masyarakat terkendala untuk datang, tapi bersyukur dengan kondisi hujan masyarakat masih datang untuk mendonorkan darah dengan jumlah pendaftar sebanyak 70 orang, dengan 31 orang yang lolos untuk diambil darahnya,” tutur Aep.

Ia menambahkan, kegiatan mendonorkan darah menurutnya, secara medis baik bagi kesehatan si pendonor, pasalnya dengan diambilnya darah dari seseorang dapat meregenerasi sel darah si pendonor.

“Jadi mendonorkan darah ini baik bagi penerima yang membutuhkan, secara medis juga baik bagi si pendonor. Selain berharap kegiatan dapat terus berjalan, dan kegiatan juga diharapkan menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya di Kabupaten Karawang,” pungkasnya. (dar)