KARAWANG, Spirit – Indonesia Judo Community (IJC) kembali akan menggelar kejuaraan judo internasional yang dikemas dalam event ‘2nd Karawang International Judo Festival di Resinda Park Mall, Karawang, Jawa Barat, 22-23 Februari 2020.



Ketua Indonesia Judo Community, Arnold Silalahi mengatakan, festival yang diawali dengan kegiatan latihan bersama dan coaching clinic pada Jumat (21/2/2020) akan dimeriahkan peserta dari lima negara. Yaitu Indonesia, Kanada, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

“Ini adalah event kedua, untuk yang pertama kami gelar pada Februari tahun lalu (2019) di lokasi yang sama,” ujar Arnold, kepada Spirit Jawa Barat, Jumat (21/2/2020).

Dijelaskan Arnold, festival yang mendapatkan support dari Pemkab Karawang, PJSI Jawa Barat, KONI Karawang, PJSI Karawang, dan beberapa sponsor, serta memperebutkan total hadiah Rp 16 juta akan mempertandingkan tiga kategori yaitu SD, SMP, dan SMA.

“Total peserta yang terlibat kurang lebih 500 atlet. Hari pertama (Sabtu) akan dimeriahkan persaingan atlet-atlet kategori SMP dan SMA. Kemudian dilanjutkan pertandingan kategori SMP dan SD pada hari kedua (Minggu),” jelasnya.

Arnold menambahkan, seperti gelaran sebelumnya, festival yang akan dimeriahkan hiburan artis nasional dan menggunakan sistem pertandingan repechage, digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 IJC.

“Selain itu, festival kami gulirkan untuk lebih memperkenalkan judo kepada masyarakat luas. Dengan harapan judo bisa menjadi salah satu olahraga yang digemari khususnya di kalangan pelajar Indonesia. Sehingga bisa berimbas pada meningkatnya prestasi judo Indonesia ke depannya,” katanya. (ayi/dea)