KARAWANG, Spirit



Bertema “Mengimplementasikan nilai Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inovatif (PASTI) demi mewujudkan Revitalisasi Pemasyarakatan”, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang peringati hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 tahun, Sabtu (27/4/2019).

Acara digelar di halaman Lapas Kelas IIA Karawang, dihadiri para pejabat Lapas beserta Jajarannya, warga binaan dan segenap tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Kalapas Kelas IIA Karawang, Iskandar Irianto Basuki, membacakan sambutan Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yassona H Laoly, yang berisi bahwa, peringatan hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 bukan hanya sebagai upaya mengenang sejarah, namun menjadi daya pacu untuk meningkatkan pengabdian dalam menciptakan permasyarakatan yang lebih baik.


“Dalam peringatan hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 tentu tidak hanya dijadikan sebagai nostalgia semata atau mengenang history. Peringatan itu harus mampu menjadi spirit, daya pacu, meningkatkan legacy yang baik untuk meneruskan semangat juang dan pengabdian para pendahulu yang telah menegakkan dasar-dasar pemasyarakatan,” Ucap Kalapas.

Lebih lanjut Kalapas mengatakan, indikator pemulihan warga binaan adalah kemampuan untuk meningkatkan kepribadian narapidana. Sehingga warga binaan yang telah menyelesaikan masa didalam lembaga pemasyarakatan berubah menjadi warga negara yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Kepada seluruh jajaran pemasyarakatan untuk menerapkan sikap PASTI. Selain itu menegaskan agar senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada warga binaan,” tegasnya.

Kalapas menambahkan, bahwa pihaknya mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan untuk betul-betul memiliki sikap yang profesional sesuai dengan sistim kita PASTI. Untuk menjaga keinginan tersebut diperlukan langkah-langkah perbaikan yang dilandasi dengan sebuah kata kunci, yaitu komitmen.

“Karena komitmen akan menjadi pondasi kita, benteng kita dalam menjalankan niat baik,” pungkasnya. (rls/dar)