CIKAMPEK, Spirit

Desa Dawuan Tengah Kecamatan Cikampek, bekerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Karawang ,  membuka pelatihan peningkatan ketrampilan berupa pelatihan Bahasa inggris, publik speaking, serta keahlian pengoprasian Komputer. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi dunia kerja.

“Dalam dunia pekerjaan selain kami bekerjasama dengan perusahaan, kami juga kembangkan wirausaha pelatihan pembuatan kue baik itu kue kering ataupun bolu,” ucap Seketaris Desa Dawuan Tengah, Salmon Mustofa, Selasa (26/4).

Dikatakan Salmon, proses latihan tersebut merupakan bentuk perhatian Desa dalam menyiapkan tenaga kerja yang dapat bersaing di dunia kerja. Selain itu banyaknya tanggapan terkait kemampuan tenaga kerja lokal yang tidak mampu bersaing dengan pendatang, menjadi perhatiannya. Dilain sisi,  Peraturan Daerah mulai membagi kapasitas tenaga kerja,  enam puluh persen untuk warga asli Karawang dan empat puluh persen untuk pendatang.

“Untuk jadwanya  kami belum susun,  tetapi seminggu atau dua minggu sekali, kami pasti mengadakan perkumpulan. Saat ini memang masih sulit melihat kami masih menunggu Dinas untuk mendatangkan tenaga pengajarnya, karena setelah pelatihan ini kami akan langsung menyalurkannya pada pabrik yang membutuhkan karyawan jadi bahasa 60 persen untuk warga karawang itu tidak menjadi beban untuk pabrik karena tenaga kerja yang di salurkan merupakan tenaga kerja ahli,” ujarnya.

Segala kebutuhan warga, sambungnya, harus dapat di akomodir dengan baik oleh pihak Desa. Selain peluang tenaga kerja yang akan diserap oleh perusahaan dengan sangat besar,  peluang bisnis dan kewirausahaan dalam memanfaatkan potensi lingkungan juga sangat besar.

“Bila warga mampu mengelola potensi tersebut insyallah bisa menjadi peluang wirausaha untuk warga,” Pungkasnya. (zuh)