KARAWANG, Spirit – Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Puskesmas DTP Kecamatan Kutawaluya kembali berikan Vitamin A dan Obat Cacing pada anak usia 6 bulan sampai dengan 12 tahun di wilayah kerjanya, Selasa (4/2/2020).

Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kutawaluya, H. Abay Jabarudin Winda Permana, SKM., mengatakan kegiatan pemberian Vitamin A dan obat Cacing tersebut merupakan Program Tetap (Protap) Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang.

UKM Puskesmas Kutawaluya, H. Abay Jabarudin Winda Permana, SKM.

“Kita berikan kepada anak usia 6 bulan sampai dengan 12 tahun. Untuk balita kegiatan dilaksanakan di Posyandu-posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kutawaluya dan untuk usia sekolah kita lakukan di fasilitas-fasilitas pendidikan yang ada di Kecamatan Kutawaluya,” papar nya.

Lebih lanjut, Abay mengatakan untuk usia sekolah pihak puskesmas akan mendatangi sejumlah fasilitas pendidikan di Kecamatan Kutawaluya selama jangka waktu satu bulan.

“Ada sebanyak 14 Sekolah Dasar (SD), 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 14 PAUD dan 3 Raudatul Athfal (RA) di Kecamatan Kutawaluya, diperkirakan memakan waktu satu bulan untuk melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A dan Obat Cacing tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian, Tata Usaha Puskesmas Kutawaluya, Khaerul Anwar mengatakan protap pemberian vitamin A dan obat cacing tersebut merupakan upaya pemerintah mencukupi asupan Vitamin A dan sebagai langkah pencegahan penyakit Filariasis (kaki gajah).

“Vitamin A dan obat cacing juga punya banyak manfaat dan memberikan dampak yang baik untuk pertumbuhan Balita dan anak usia sekolah,” pungkasnya. (dar)