Akhir Januari IPSI Pusatkan Latihan Mess Atlit Segera di Bangun

KARAWANG, Spirit

Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang akan menjalankan program pelatihan bagi atlet, yang masuk Pemusatan Pelatihan Pencak Silat Daerah (P3D) mulai Januari 2016.Guna mengoptimalkan program tersebut, tak tanggung-tanggung IPSI pun akan membangun mess atlit Maret mendatang.

Ketua IPSI Karawang, Suryana, mengatakan, keputusan tersebut ditetapkan setelah seluruh pengurus IPSI Karawang mengadakan rapat penyusunan program latihan atlet P3D, Minggu (17/1).

“Pada tanggal 24 Januari nanti kami akan memanggil seluruh atlet yang terdaftar di P3D untuk didata kembali. Setelah itu proses latihan akan kami mulai,” ujar Suryana kepada Spirit Karawang, Rabu (20/1).

Suryana menjelaskan, atlet P3D yang nantinya akan dibina di Padepokan Pencak Silat yang beralamat di Jalan Bogor, Karawang Barat, Karawang, berjumlah 44 atlet. Rinciannya, kata dia, 26 atlet terjaring dari proses seleksi atlet P3D pada 20-22 Januari 2015 di Gedung Technomart Karawang, sementara sisanya akan diambil melalui pemanggilan langsung dari setiap paguron silat yang ada di Karawang.

“Nantinya seluruh atlet akan menjalani latihan seminggu tiga kali. Satu setengh tahun menjelang Porda 2018 di Kabupaten Bogor, tim pelatih akan mengkerucutkan jumlah atlet menjadi 22. Namun, jumlah atlet yang tersisa ini posisinya masih tidak aman, karena sistem promosi degradasi atlet akan tetap kami berlakukan hingga mendekati gelaran Porda” ucapnya.

Mess Atlet

Mengoptimalkan proses latihan, Suryana, berencana membangun mess atlet di lingkungan padepokan pencak silat pada Maret 2016 . Pasalnya, lanjut dia, 44 atlet yang masuk P3D berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Karawang.

“Jadi atlet-atlet yang rumahnya jauh dan ingin menginap bisa memiliki tempat tinggal di mess yang akan kami sediakan. Selain itu, kami juga akan berusaha melengkapi alat-alat latihan yang saat ini masih jauh dari harapan,” katanya.

Lebih lanjut, Suryana menuturkan, tujuan dibentuknya program P3D dalam rangka menyiapkan atlet untuk mengikuti event-event seperti Popda, O2SN, PON Remaja, Kejurda dan yang utama yaitu Porda 2018.

Dia berharap, dibentuknya program P3D ini akan menghasilkan atlet pencak silat yang berprestasi untuk mengharumkan Karawang di berbagai kejuaraan, terutama medali emas di Porda 2018. Mengingat, pada Porda 2014 di Kabupaten Bekasi, tim pencak silat Karawang hanya mampu meraih 1 perak dari tiga atlet yang berlaga.(ayi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email