94 Peserta Didik PKBM Bina Sejahtera Jalani Uji Kesetaraan

KARAWANG – Sebanyak 94 peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Sejahtera mulai jenjang paket A (setara SD), paket B (setara SMP), dan paket C (setara SMA) akan menjalani Uji Kesetaraan tahun pelajaran 2022/2023 mulai pertengahan Mei 2023.

Kepala PKBM Bina Sejahtera, Edi Yusup mengatakan, 94 peserta Uji Kesetaraan terdiri dari 38 peserta didik paket A, 19 peserta didik paket B, dan 37 peserta didik paket C.

“Yang mengikuti Uji Kesetaraan adalah peserta didik kelas akhir dari setiap jenjang atau kelas enam paket A, kelas sembilan paket B, dan kelas 12 paket C,” ujar Edi, Senin (8/5/2023).

Edi menjelaskan, pelaksanaan Uji Kesetaraan akan diawali jenjang paket C pada 13-14 Mei. Kemudian dilanjutkan jenjang paket A dan B pada 20-21 Mei 2023.

“Uji Kesetaraan di PKBM kami dilaksanakan berbasis komputer. Alhamdulillah unit komputer maupun internet sudah siap dengan tersedianya lab komputer dan juga internet. Kami juga sudah melaksanakan simulasi dan gladi bersih pada awal Mei,” ucapnya.

Edi menyampaikan, dalam Uji Kesetaraan akan diuji dua aspek hasil belajar yang paling mendasar yaitu kemampuan memahami bacaan atau literasi membaca dan kemampuan numerasi.

“Kendati hasil Uji Kesetaraan tidak menjadi penentu kelulusan, kami berharap semua peserta didik bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, terlebih bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Sekadar informasi, PKBM Bina Sejahtera yang beridiri pada 2003 dan berlokasi di Dusun Sukadana, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur saat ini dilengkapi empat ruang kelas, lab komputer, perpustakaan, musala, hingga kegiatan ekstrakurikuler.

Selain itu, PKBM yang telah terakreditasi ini ditunjang belasan pendidik yang berkompeten di bidangnya. Peserta didik dibekali keterampilan komputer mulai mengoperasikan hingga prakitan komputer. Bahkan, tak hanya bersaing di dunia kerja, lulusan paket C banyak yang berhasil masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. (dea)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email