KARAWANG, Spirit

Dukungan kepada Ketua DPD PAN Kabupaten Karawang, Bambang Maryono (BM) untuk kembali menjabat Ketua periode lima tahun mendatang terus mengalir. Kali ini, giliran 16 Dewan Pengurus Cabang (DPC) PAN dari daerah pemilihan (dapil) Karawang 3, 4 dan 5 menyatakan dukungan kepada BM. “Iya, kami dari 16 DPC mendukung Mas Bambang untuk menjabat kembali Ketua DPD PAN Karawang. Dukungan ini, bukan hanya secara lisan saja, semua kami tuangkan dalam pernyataan tertulis,” ungkap Ketua DPC PAN Kecamatan Lemah Abang, Jamaludin Haq, Rabu (20/1).

Menurutnya, pernyataan dukungan kepada BM bukan semata-mata kedekatan personal. Akan tetapi, hal itu dikarenakan figur dan karakter kepemimpinan BM dinilai masih dibutuhkan PAN Karawang dalam lima tahun kedepan.

“Mas Bambang punya kepedulian terhadap partai sangat tinggi dan mampu menggerakkan kader dibawah termasuk simpatisan. Jadi loyalitas dan integritasnya tak diragukan lagi,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan juga oleh Ketua DPC PAN Kecamatan Tirtajaya, Raimun. Dirinya sangat mengapresiasi keberhasilan kerja-kerja politik BM selama menjabat Ketua PAN Karawang.

“PAN dipimpin Mas Bambang mampu menaikkan perolehan suara. Ini bentuk keberhasilan yang harus diteruskan oleh beliau. Ritme gerakan partai sudah dinamis. Terbukti, kemarin beliau sebagai ketua tim sukses Pilkada juga mampu menghantarkan kemenangan. Jadi menurut Kami semua, harus dilanjutkan kepemimpinannya,” tegasnya.

Dalam kesepmatan yang sama, Sekretaris DPC PAN Kotabaru, Nasa Sulaeman mengaku akan melakukan komunikasi dengan DPC PAN yang lain. Dirinya akan mengajak agar 30 DPC PAN secara bulat mendukung BM. “Hasil koordinasi ini, akan kami lanjutkan dengan DPC-DPC yang lain yang belum menyatakan dukungan secara tertulis,” tandas pria yang akrab disapa Nasa Yunior ini.

Diceritakannya, pertemuan 16 DPC yang dilakukan di rumah Raimun, Desa Sabajaya Kecamatan Tirtajaya tanggal 17 Januari itu, berawal dari adanya tata aturan Musda yang baru. Kata dia, dengan adanya hasil rakernas I tahun 2015, akhirnya kepengurusan DPC berinisiatif meminta paparan dari pengurus bidang BPOK (Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan).

“Dari paparan aturan Musda yang disampaikan Pak Mughni selaku BPOK dan Pak Samsudin selaku SC, kami akhirnya memahami tata cara baru Musda. Tapi, saat kami menyatakan dukungan ke BM, keduanya sudah terlebih dulu pulang. Jadi ini murni dan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya anggota DPRD Karawang yang juga kader PAN, Timan Sukirman menyatakan hal yang sama. Dukungan agar BM kembali menjabat Ketua DPD, karena Timan menilai figur BM dinilainya cukup cerdas dan mempunyai konsep yang jelas dalam pengembangan partai. (top)