KARAWANG, Spirit– Polres Karawang bahu membahu bersama penggemar grup band Slank dan masyarakat membuat sumur bor di Dusun Cibenda, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang. Berkat sumur itu, kini masyarakat bisa mengakses air bersih 24 jam.




“Sumur ini mudah – mudahan bisa memenuhi kebutuhan air bersih sepanjang waktu, tak hanya pagi dan sore,” kata Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Selasa (9/7/2019).

 

Nuredy menuturkan, membuat sumur bor lebih baik ketimbang membagikan air gratis melalui mobil tanki dan water canon. Sebab pembagian air tidak bisa dilakukan setiap waktu.

“Padahal, masyarakat membutuhkan air bersih setiap waktu. Makanya kita fikir membuat sumur yang bisa menyediakan air 24 jam,” tutur Nuredy.

Ia berharap, sumur tersebut bisa bermanfaat dan digunakan masyarakat dengan baik. “Kami harap masyarakat juga menjaga dan memelihara sumur air ini,” tutur dia

Sumur dibuat di dekat Sungai Cirinjing yang sejak beberapa bulan terakhir mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Sebelumnya warga setempat membuat sumur dangkal memanfaatkan sisa resapan air sungai yang mengering yang tidak setiap saat berair. Sumur digali dengan kedalaman 12 meter dilengkapi pipa, mesin pompa dan tendon air. Dua kran dipasang untuk mengeluarkan.

Letak sumur – sumur itu juga tak begitu dekat dengan pemukiman warga. Masyarakat harus naik turun bukit membawa ember setiap pagi dan sore hari.

Berdasarkan data BPBD Karawang, Desa Parungmulya adalah satu dari 14 desa di Karawang yang mengalami kekeringan. Masyarakat di sana kesulitan mendapat air bersih.

“Dengan adanya sumur ini, masyarakat tinggal antre ambil bagian. Dan perlu dijaga peralatannya jangan sampai dimanfaatkan oleh tangan tangan jahil,”ucap Nuredy.(dit)