KARAWANG, Spirit



Menjadikan sebagai sekolah berbasis ITE, SMKN 1 Tirtajaya, Desa Pisangsambo Kecamatan Tirtajaya lakukan terobosan dengan membuat dan menggunakan aplikasi e-voting pada pelaksanaan pemilihan ketua OSIS di sekolah tersebut.

Aplikasi e-voting ini dibuat oleh siswa siswi dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk menyelenggarakan pemilihan berbasis online. Guna mempercepat proses perhitungan suara, tidak mengganggu siswa dalam KBM dan juga tidak menggangu anak yang sedang praktek kerja diperusahaan.


Instruktur pada jurusan rekayasa perangkat lunak, Dede Juana Arifin, mengatakan, bahwa Aplikasi buatan siswa siswinya tersebut baru berjalan tahun ini, dan e-voting ini banyak sekali kelebihannya, berbeda dengan pengumpulan suara secara manual.

“Dalam pemilihan ketua osis dengan menggunakan aplikasi e-voting ini, siswa siswi¬† tidak melakukannya secara manual atau dengan kertas, penyaluran hak pilih dilakukan dimana saja hanya dengan memilih salah satu calon dari handphone android, perhitungan hasil suara pun sudah otomatis langsung bisa dilihat hasilnya,” jelas Dede kepada Spirit Jawa Barat, Senin (14/1).

Sementara itu Kepala SMKN I Tirtajaya, Dedi Junaedi mengatakan, dengan hadirnya terobosan baru dari aplikasi e-voting buatan sisiwa siswi dan dibantu guru pembimbing, dirinya sangat berharap kedepannya akan mempermudah siswa siswi dalam melakukan pemilihan ketua OSIS dannyang lainnya dan tidak mengganggu dalam kegiatan belajar.

“Ketika siswa siswi ada yang tidak memiliki smart phone yang berbasis android, maka sekolah telah menyediakan sarana dan prasarananya. Dan kelebihan aplikasi ini dapat memberikan efisiensi bagi kita dari segi waktu dan biaya dibanding dengan melakukan pemilihan ketua OSIS secara manual,” papar Dedi. (dar)