untuk Dapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis




BATUJAYA, Spirit

Tak seperti biasanya, halaman rumah Kepala Desa (Kades) Karyamulya Kecamatan Batujaya, pada Minggu pagi dikepung oleh ribuan warga. Tak tanggung-tanggung ada sekitar 2500 orang warga dari Desa Karyamulya dan Desa sekitarnya di kecamatan Batujaya yang datang berbondong-bondong untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Pemerintah Desa Karyamulya yang bekerja sama dengan Yayasan Setia Bhakti Lestari (SBL), Tangerang,  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Pusat, dan persatuan Alumni SMAN 1 Rengasdengklok angkatan ’90.

Kepala Desa Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Alek Sukardi menjelaskan bahwa kegiatan Bhakti Sosial dengan pelayanan kesehatan gratis tersebut melibatkan 27 orang dokter umum, 6 dokter gigi, 3 orang dokter akupunktur dan 1 asisten akupunktur, beberapa dokter spesialis mata, 12 orang apoteker yang akan melayani pemberian obat.

“Dari 6 bulan yang lalu kita mengajukan permohonan ke yayasan SBL untuk mengadakan Bhakti Sosial pengobatan gratis ini, melalui teman alumni SMAN 1 Rengasdengklok angkatan 90, yang berprofesi sebagai dokter tersebut,” jelas Alek kepada Spirit Jawa Barat, Minggu (22/4).

Selain pengobatan gratis di acara tersebut juga ada pembagian kaca mata baca gratis bagi peserta yang berumur diatas 50 tahun, ada potong rambut gratis, juga ada pengobatan tradisional China Prana buat warga yang hadir saat itu.

“Antusias masyarakat cukup tinggi untuk acara ini, dengan target peserta 2500 orang, sebelumnya menurut saya mereka agak kurang respon untuk berobat ke puskesmas. Dengan adanya acara ini mereka merasa di permudah sehingga mau datang,” papar Alek.

Masih menurut Kades Karyamulya tersebut, acara yang diadakannya adalah bentuk rasa terimakasih dirinya kepada masyarakat Desa Karyamulya.

“Atas kepercayaannya kepada saya untuk menjadi Kepala Desa selama 2 periode. Dan kegiatan seperti ini lah yang menurut saya dapat langsung dirasa manfaatnya oleh masyarakat disini,” tegas Kades Alek.

Sementara itu koordinator kegiatan dari yayasan SBL Tanggerang, Lili Suryadi mengatakan pada acara pengobatan gratis tersebut umumnya masyarakat mengidap berbagai penyakit dari yang ringan sampai dengan yang kronis 90% disebabkan oleh gaya hidup masyarakat tersebut.

“Kita hadir atas pengajuan teman panitia setempat melalui surat pengajuannya sekitar 6 bulan yang lalu, bekerjasama dengan IDI Jakarta Pusat berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat disini,” katanya singkat.

Ditempat yang sama Camat Batujaya, Rohmana yang juga hadir dilokasi kegiatan mengatakan sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kades Karyamulya bersama kawan-kawannya yang telah mau menyediakan waktu dan tenaganya untuk kegiatan sosial tersebut yang menurutnya sangat bermanfaat bagi warga kecamatan Batujaya umumnya.

“Sangat mengapresiasi apa yang telah Kades Karyamulya dan yayasan SBL lakukan. Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan ridak hanya berlokasi di Desa Karyamulya saja tapi di Desa yang lain, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Camat Rohmana. (dar)