KARAWANG, Spirit

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang, Selasa (26/1) minim dihadiri oleh anggota DPRD setempat. Minimnya kehadiran anggota DPRD tersebut disesalkan oleh Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto saat memberikan sambutan.  “Kalau perlu nanti kalau ada acara seperti ini disiapkan doorprize agar yang datang lebih banyak,” kata Toto disela-sela sambutannya. Banyaknya anggota DPRD Kabupaten Karawang yang tidak hadir, sangat disayangkan Toto. Seharusnya, kata dia, menjadi tuan rumah untuk para undangan, justru anggota legislatif hadir. Dirinya berharap untuk acara serupa tidak terulang kembali dengan minimnya kehadiran pihak legislatif sebagai penyelenggara maupun eksekutif sebagai undangan. “Kegiatan ini akan rutin digelar, tidak hanya legislatif tapi juga untuk kehadiran eksekutif dalam kegiatan ini,” katanya.

Dari pantauan, dalam kegiatan tersebut hanya dihadiri 14 anggota legislatif termasuk unsur pimpinan. Sementara, lebih dari 70 persen anggota legislatif Karawang tidak menghadiri acaranya sendiri.

Hal senada juga diungkapkan mantan Ketua DPRD, Slamet Djayusman yang menyayangkan minimnya undangan yang hadir dalam acara keagamaan tersebut. Selain itu, dirinya juga mempertanyakan para wakil rakyat Kabupaten Karawang yang ikut-ikutan tidak hadir dalam acara tersebut. “Saya prihatin kenapa tuan rumahnya tidak pada hadir,” katanya.

Djayusman mengungkapkan, pihak DPRD pasti telah menyebar undangan ke berbagai pihak terlebih untuk internal di DPRD. Namun dalam hal ini pihaknya berharap kegiatan keagamaan seperti ini seharusnya dapat menjadi pencerahan bagi semua pihak. “Untuk acara keagamaan saja sulit dikumpulkan apalagi rapat-rapat lainnya,” ujarnya. (top)