PEDES, Spirit



Selain gedung SDN Karyamakmur 2 yang kondisinya memprihatinkan dan butuh penanganan Pemerintah Kabupaten Karawang, masih banyak gedung Sekolah Dasar yang mengalami hal yang sama. Salah satunya SDN Malangsari II Desa Malangsari Kecamatan Pedes. Bahkan pemkab Karawang pernah menjanjikan untuk segera membangun kembali sekolah tersebut dengan menggunakan dana bantuan atau CSR dari sebuah Bank, beberapa waktu lalu.


Kini masyarakat menagih janji pemerintah Kabupaten Karawang yang akan membangun kembali sekolah tersebut. Masyarakat pun terus mendesak dan mempertanyakan janji tersebut kepada pemdes Malangsari. Seperti yang dikatakan Kepala Desa Malangsari, Kamsan kepada awak media, Rabu (5/9).

“Janji pemkab melalui Wakil Bupati saat berkunjung ke sekolah itu beberapa waktu lalu, untuk membangun kembali gedung SDN Malangsari II sampai saat ini belum ada realisasi. Dan menjadikan kami pemdes Malangsari sebagai sasaran masyarakat yang mempertanyakan hal tersebut, dan itu sering kali di tanyakan masyarakat,” ungkap Kamsan.

Sementara itu, salah seorang warga sekaligus orang tua wali murid, Aping (45) mengatakan dirinya sangat kecewa sekali pada Pemkab Karawang yang hanya memberikan janji-janji manis saja, dan nyatanya sampai saat ini bangunan belum juga diperbaiki.

“Kami masyarakat tidak perlu janji manis, masyarakat perlu bukti nyata, pendidikan sangat penting sekali bagi masyarakat, dengan harapan anak-anak kami kelak menjadi orang yang berguna,” cetusnya.

Waktu yang berbeda, Anggota DPRD Karawang komisisi C, Saidah Anwar, merasa sangat prihatin melihat kondisi tiga ruang kelas dan satu ruangan kantor berantakan dan roboh tahun lalu. siswa siswi belajarnya dibagi jadi dua sift, tiga kelas pagi dan tiga kelas siang hari.

“Seperti halnya gedung SDN Karyamakmur II, kondisi ini harus segera ditangani agar murid dapat kembali belajar dengan nyaman, dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (zul)