KARAWANG, Spirit – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, masuki hari terakhir.

Kegiatan KKN dengan tema ‘Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal’ digelar sejak 1 Juli 2021 lalu sampai dengan hari ini, 31 Juli 2021. Program yang telah dilaksanakan diantaranya, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 dan mengedukasi masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penggunaan tanaman obat, dan peningkatan daya jual untuk pelaku UMKM.

Dikatakan koordinator mahasiswa KKN UBP Karawang, ivaldi , mereka elakukan pendampingan dan penguatan kepada UMKM yang aada. Dalampelaksanaan PPKM yang diterapkan oleh pemerintah sebagian besar toko dan kios yang berada di kota karawang diharuskan tutup ataupun memberikan pelayanan hanya secara online atau menerapkan sistem “Take Away”.

“Hal ini menyebabkan sebagian besar UMKM mengalami kerugian, dengan adanya kegiatan KKN ini, kami mendapatkan kesempatan untuk memberikan penguatan dan pendampingan kepada UMKM,” jelas Rivaldi, Sabtu (31/7/2021).

Selain memberikan pendampingan kepada pemilik usaha, mahasiswa KKN UBP Karawang juga memberikan bantuan berupa masker, handsanitizer, dan disinfektan kepada masyarakat yang diserahkan kepada pemerintah desa.

Sementara itu, pemerintah Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, yang diwakili Lia menyampaikan apresiasinya dan bangga, karena menurutnya baru kali ini ada mahasiswa dari UBP Karawang yang melaksanakan KKN di desanya.

“Mewakili warga dan pemerintah desa, saya sangat berterima kasih atas pemberian bantuan seperti handsanitizer, disinfektan dan juga masker, bahkan disinfektan langsung kami semprotkan ke dusun-dusun,” katanya.

Lebih lanjut Lia menyampaikan, jika kondisi tak sedang pandemi mungkin pelaksanaan KKN akan lebih seru dan dapat turun langsung ke lingkungan masyarakat sepenuhnya yang ada di desa Kemiri. (rls/dar)