Gelar Shalat Idul Adha 1445 H, Ini Pesan Pj Bupati untuk Masyarakat Purwakarta

PURWAKARTA, Spirit – Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan bersama sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Purwakarta dan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di halaman Masjid Agung Baing Yusuf, Senin (17/6/24).

Atas nama Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam sambutannya, Benni mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha dan selamat menunaikan ibadah kurban kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Purwakarta.

“Kita ketahui bersama bahwa perayaan Idul Adha memiliki kaitan yang erat dengan pelaksanaan ibadah umat muslim di seluruh penjuru dunia yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji,” kata Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan.

Benni mengatakan ibadah haji merupakan salah satu sarana komunikasi antara seorang hamba dengan khaliqnya. Ibadah haji juga menjadi kesempatan penting bagi setiap muslim untuk melatih nilai spiritual dan kesalehannya.

Hasil ibadah haji yang sukses adalah kekayaan kedamaian batin yang dibutuhkan secara lahiriyah dalam nilai-nilai kejujuran yang saling menghormati kemurahan hati kebaikan pengampunan belas kasih dan empati. “Nilai-nilai inilah yang sangat diperlukan oleh kita semua jika kita benar-benar ingin hidup rukun di atas dunia ini,” katanya.

Penjabat Bupati Purwakarta juga mengajak jamaah Shalat Idul Adha dan masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk mendoakan para jamaah haji agar senantiasa diberikan kesehatan serta kelancaran menjalankan ibadah di tanah suci Makkah.

“Marilah kita berdoa, semoga saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji senantiasa diberi kesehatan, kekuatan, kelancaran dalam menjalankan ibadah dengan khusuk dan tawadhu serta kembali ke tanah air dengan selamat dengan predikat ibadah haji yang mabrur,” ucap Benni Irwan.

Disamping itu, melalui momentum Idul Adha kali ini, Benni juga mengajak semua untuk merenungkan hikmah yang terkandung dalam perjalanan hidup Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As yang masih sangat relevan dan akan terus dan akan terus relevan sepanjang jaman.

“Dalam perjuangan Nabi Ibrahim Asdan Nabi Ismail As tersebut, trilogi cinta, kebenaran dan pengorbanan menjadi gambaran sempurna bagi kita semua, dimana manifestasi cinta yang menuntut suatu pengorbanan didasarkan dalam kebenaran ilahi sebagai suatu kebenaran yang mutlak dan berlaku sepanjang masa,” jelas Benni.

Ibadah kurban sesungguhnya merupakan salah satu bentuk pengorbanan yang dilandasi nilai solidaritas dan kebersamaan antara sesama umat muslim. Selain itu, ibadah kurban juga bertujuan untuk menjaga fitrah umat muslim agar tetap suci.

Oleh karena itu, ibadah kurban yang setiap tahun dirayakan, seharusnya tidak dimaknai sebatas proses ritual semata, tetapi juga harus semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwan kepada Allah SWT sekaligus meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.

“Dalam kerangka inilah, sejalan dengan hikmah Idul Qurban, maka hal ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua, khususnya bagi yang mampu untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama, dengan menyembelih hewan kurban yang dagingnya dibagikan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Benni juga mengingatkan semua pihak untuk melakukan antisipasi beberapa hal, diantaranya, perubahan cuaca, suhu, iklim yang tidak menentu. Hal ini berpotensi menimbulkan bencana alam, seperti kebakaran maupun bencana tanah longsor.

“Saya mengimbau aepada seluruh masyarakat agar senantiasa dan lebih berhati-hati terlebih mewaspadai kondisi alam di sekitar tempat kita berdomisili,” ujar Benni.

Yang kedua, meningkatnya kasus penyakit tuberculosis (TBC). Indonesia saat ini berada dalam kondisi gawat darurat TBC, berdasarkan laporan per 2023 dari Kementerian Kesehatan kurang lebih 1.060.000 kasus TBC di Indonesia.

“Sekali lagi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar segera memeriksakan kondisi kesehatan terutama bagi yang memiliki riwayat sesak nafas,” imbuhnya.

Yang ketiga, Benni juga mengingatkan terkait pemilihan kepala daerah 27 November 2024 yakni untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan dan Wakil Bupati Purwakarta.

Benni menghimbau dan berharap demokrasi tingkat daerah ini dapat berlangsung dengan aman lancar damai dan sukses seperti yang dilaksanakan pada 14 Februari yang lalu.

“Saya harap juga partisipasi pemilih pada kali ini bisa lebih meningkat bisa di atas 85 persen,” harapnya.

“Mari saling mengingatkan, saling mengajak kepada sesama kita, kepada tetangga dan masyarakat kita yang sudah berusia di atas 17 tahun, yang sudah menikah atau yang pernah menikah untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suara memilih pemimpin lima tahun mendatang,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Penjabat Bupati Purwakarta mengucapkan terima kasih dan penghargan setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Purwakarta atas dukungan dan partisipasinya dalam setiap program pembangunan daerah.

“Dukungan dan partisipasi yang telah ditunjukkan selama ini tentunya sangat bermanfaat dalam ikut memajukan Kabupaten Purwakarta tercinta,” demikian Benni Irwan. (adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email