KARAWANG, Spirit



Gebyar rangkaian HUT Bhayangkara ke 73 Polres Karawang, ditutup dengan pameran fotografi dan acara penentuan juara lomba foto bertemakan kedekatan TNI – Polri bersama masyarakat di Mall Karawang Central Plaza, Senin (1/7/2019).

Lomba foto berhadiah fantastis itu digelar Polres Karawang berkolaborasi dengan Karawang Photographer Community sebagai bentuk apresiasi kepada para Fotografer Karawang pada 22 Juni 2019. Sebanyak 59 karya foto peserta terpilih maupun karya Humas dipajang pada pameran foto di mall KCP dari total 200 karya foto yang masuk ke panitia.

“Kami menginisiasi lomba fotografi atas dasar bentuk apresiasi kepada para fotografer yang tak selalu terlihat. Karena mereka itu hanya viral karya nya saja dimana mana, tapi yang motretnya tidak pernah kelihatan,” kata Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra dalam sambutannya.

Dikatakan Nuredy, bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke 73, Polres Karawang menggelar lomba fotografi yang diikuti oleh peserta dari Karawang,Purwakarta, Bekasi, juga Bandung,.

“Saya harap lomba ini menjadi motivasi bagi para fotografer maupun jurnalis foto agar kedepan mempersiapkan stok fotonya. Karena insyallah setiap tahun akan kami gelar lomba ini. Silahkan semangat hunting foto terbaik segala kegiatan anggota Polres Karawang untuk dilombakan,” ujarnya.

Bupati Karawang, dr Cellica Nurachadiana, yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan, apresiasi kepada jajaran Polres yang telah mewadahi dan menghargai karya para fotografer Karawang yang mayoritas kawula muda.


“Lomba foto ini pertama kali diadakan oleh Polres Karawang. Hadiahnya juga cukup besar, Semoga menjadi motivasi bagi para penghobi dan jurnalis foto karawang untuk terus berkarya melalui fotografi,” ucap Cellica.

Sementara, juri lomba bertajuk Photography Competition HUT Bhayangkara ke 73, Dudi Sugandi, yang juga Redaktur Foto Pikiran Rakyat memaparkan, foto pemenang merupakan karya foto terbaik dari yang terbaik yang dipilih 3 dewan juri.

“Penetapan juara ini berdasarkan penilaian objektif tim juri. Foto pemenang ditentukan melalui sejumlah kriteria, dan merupakan foto paling kuat yang mewakili tema yang ditentukan,” ujarnya.

Menurut Dudi, juri memilih foto berdasarkan pertimbangan, kesesuaian tema dalam hal ini sinergitas TNI dan Polri, Pesan dalam foto dalam hal ini orisinalitas ide dan gagasan dalam membuat karya foto. Serta teknis fotografi dalam pengambilan karya. Kesesuaian antara teknis yang digunakan memperkuat tema foto.

“Dan yang belum menang hanya karena faktor non teknis saja. Secar teknis fotonya bagus namun belum kuat secara pesan yang disampaikan. Pesan bagi yang belum menang, teruslah berlatih dan rajin terjun mengikuti kompetisi foto agar keahlian menerjemahkan tema ke dalam bentuk gambar (foto) lebih terasah,”ucapnya.

Lomba foto tersebut juara 1 dimenangkan oleh Najarudin Surbakti dari Karawang, juara 2 Sofa Putra Anom dari Karawang, dan juara 3 Budi Winarno dari Bekasi.

Hadiah pun diberikan kepada pemenang tiga foto favorit peserta yang di posting melalui jejaring sosial Instagram.

Pada kesempatan tersebut pun, Polres Karawang memberikan santunan kepada siswa siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Cahaya Bangsa. (dit)