Upaya Meningkatkan Kebugaran Fisik Siswa dengan Renang Gaya Bebas dalam Pendidikan Jasmani

Oleh: Martinus Martin Lary Christian Manurung
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

ABSTRAK
Pendidikan Jasmani (Penjas). Penjas merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional dalam kerangka sistem Penjas. Pembelajaran olahraga renang merupakan suatu proses pembelajaran untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa. Kebugaran merupakan suatu kebutuhan yang perlu di penuhi seseorang agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami gangguan kesehatan dan kelelahan yang berlebih oleh karena itu setiap orang diwajibkan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari agar aktivitas sehari hari terasa lebih ringan dan tidak mudah lelah. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Kebugaran jasmani merupakan kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya. Karena didalam pembelajaran renang, siswa harus mempunyai kebugaran tubuh yang baik.

Kata kunci: Kebugaran siswa dalam renang

PENDAHULUAN
Pembelajaran pendidikan jasmani disusun dengan rinci sehingga proses peningkatan pertumbuhan dan perkembangan seluruh peserta didik mencapai baik ranah psikomotor, kognitif maupun afektif bagi setiap siswa. Bukan semata mata berhubungan dengan aktifitas fisik saja, akan tetapi mengarah kepada pembinaan siswa secara utuh. Karena disekolah siswa dituntut memiliki sifat yang positif, dalam hal ini kedisiplinan, jujur kerja sama dan menaati peraturan yang berlaku. Kesegaran jasmani yang baik diharapkan dapat memberi pengaruh yang baik pula pada siswa untuk kesiapan belajarnya. Dengan demikian siswa akan lebih mudah menerima dari setiap materi yang diberikan oleh guru terutama pada pelajaran renang.

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS DALAM PENDIDIKAN JASMANI
Pendampingan olahraga renang untuk meningkatkan kemampuan motorik ditinjau dari pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan motivasi. Pengetahuan sebagai dasar kebenaran yang harus di pahami para guru dan orang tua. Keterampilan merupakan kemampuan guru dan orang tua untuk merumuskan tujuan,strategi,simpati dan empati terkait dengan perkembangan motorik siswa. Kemampuan merupakan kapasitas guru dan orang tua dalam melakukan berbagai inovasi untuk melakukan pembaharuan melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong guru dan orang tua untuk melakukan sesuatu dalam hal ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya kemampuan motorik dalam menunjang hasil belajar.

Renang gaya bebas adalah salah satu gaya yang paling sering digunakan saat berenang. Gaya ini juga lebih dikenal dengan istilah front crawl. Posisi badannya telungkup mengarah ke bawah.

Dibandingkan gaya renang lain seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, atau gaya punggung, renang gaya bebas lebih mudah dipahami dan dipelajari Bagi orang yang baru belajar.

MANFAAT RENANG GAYA BEBAS

● Membangun masa otot
Manfaat berenang bagi tubuh yang paking populer yaitu dapat melatih dan membangun masa otot dengan baik. Hal ini dikarenakan berbagai gerakan dalam renang mengharuskan hampir seluruh otot tubuh bergerak untuk melawan tekanan didalam air

● Membantu mengoptimalkan tinggi badan
Selain melatih otot manfaat renang bagi tubuh sangat membantu perkembangan meningkatkan kesehatan tulang dan mengoptimalkan tinggi badan.

● Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
Dapat meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh dan mengoptimalkan kemampun tubuh dalam menggunakan oksigen

● Menurunkan berat badan
Berenang selama 1 jam diketahui dapat mebakar sekitar 500-650 kalori. Oleh karena itu, berenang menjadi pilihan sebagian besar orang yang ingin menurunkan atau sekadar mengontrol berat badan agar lebih ideal.

● Mengoptimalkan kemampuan (skill) bertahan
Manfaat renang yang satu ini cukup penting untuk siswa. Jika terbiasa melakukan olahraga ini, anak-anak cenderung akan terhindar dari risiko tenggelam, meskipun begitu setiap orang tua harus tetap mengawasi anak- anak yang sedang berenang.

Olahraga renang memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyehatkan dan membuat tubuh menjadi bugar, olahraga renang juga digunakan sebagai olahraga rehabilitas.

Maksudnya adalah olahraga renang bisa memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih segar dan bugar terlebih lagi olahraga renang tidak menimbulkan keringat. Jika melakukan olahraga renang, resiko terkena cedera lebih jauh minim karena tingkat tekanan pada sendi dan ototnya jauh lebih rendah dibanding olahraga lain. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email