TIRTAJAYA, Spirit
Tak berhenti dalam berkreativitas setelah mendapat penghargaan Adiwiyata, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tirtjaya kembali menggelar rally sepeda yang diikuti 550 siswa, dengan tujuan mengkampanyekan hidup sehat dan cinta terhadap lingkungan.

Kepala sekolah SMPN 1 Tirtajaya, Cartono, mengatakan dengan kegiatan rally sepeda, para siswa dilatih untuk bergaya hidup sehat. Pasalnya saat ini marak sekali siswa-siswa yang membawa motor ke sekolah walaupun tidak memiliki surat-surat lengkap dan sudah dilarang oleh pemerintah kabupaten.

“Dengan diadakannya rally sepada ini, kita ingin memberi pesan supaya siswa-siswa bersedia pergi ke sekolah dengan bersepeda. Bukan hanya saat acara ini saja melainkan juga, supaya dibiasakan setiap harinya datang ke sekolah dengan bersepeda,” ujar Cartono, Rabu (23/8).

Ia menjelaskan bahwa angka kecelakaan akhir-akhir ini terus meningkat di kalangan pelajar, dan mungkin bisa diminimalisir apabila para siswa mau beralih dari kebiasaan bermotor diganti dengan membiasakan diri bersepeda. Melalui rally sepeda ini dia berharap bisa membiasakan siswa dan menerapkannnya dalam keseharian mereka.

“Sekarang ini banyak siswa yang tidak lagi mau menggunakan sepeda ke sekolah, lebih suka naik sepeda motor , sekalipun ada aturan yang tidak memperbolehkan para siswa membawa sepeda motor,” ucapnya.

Setelah diadakan rally tersebut, ia berharap siswa-siswa bisa bergaya hidup sehat terutama dengan mengayuh sepeda ke sekolah.

“Untuk menjaga kebersinambungan kegiatan bersepeda ini, pihak sekolah membuat komunitas Club Sepeda SMPN 1 Tirtajaya, dengan agenda pembinaan berlalu lintas dari kepolisian, perawatan sepeda , dan minimal 1 bulan 2 kali diadakan rally lagi pada hari libur,” pungkasnya. (dar)