Renang Gaya Punggung

Oleh: Indah Puji Lestari

OLAHRAGA renang gaya punggung ini suatu aktifitas yang melibatkan tubuh, dalam melakukan gerakan ini dimana gerakan ini melatih kekuatan otot tubuh manusia secara jasmani dan rohani manusia. Olahraga renang juga sangat banyak diminati oleh masyarakat terutama pada anak usia dini dan remaja hingga kalangan orang tua. Teknik gaya renang juga bisa dilatih lebih dalam jika anda ingin bisa berenang. untuk gaya renang juga bermacam-macam anda bisa melatih gaya renang sesuai gaya yang anda pilih dan kemampuan yang anda punya. Untuk teknik dasar dalam renang itu ada melayang di air atau mengapung jika anda sudah menguasai kedua teknik tersebut maka anda akan lebih mudah untuk melanjutkan atau menguasai teknik yang lain, dalam renang ada beberapa macam gaya diantaranya ada; gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung.

Renang gaya punggung ini sudah dikenal sejak zaman kuno pada tahun 1990 olahraga renang gaya punggung ini pertama kali diolimpiadekan diparis sehingga renang gaya punggung ini bisa dikatakan renang gaya tertua setelah renang gaya bebas. Renang gaya punggung baru dikenal oleh generasi modern pada saaat tahun 1912 pada saat itu perlombaan renang tersebut dibagi menjadi 3 kategori yaitu dalam perlombaan nasional dan internasional dengan gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas.

Salah satu gaya yang biasanya diajari yaitu gaya punggung. Gaya punggung atau back stroke yaitu gaya berenang dengan posisi badan terlentang atau menghadap kepermukaan air, posisi wajah menghadap keatas agar perenang mudah mengambil nafas tetapi tidak dapat melihat ke depan. Adapun teknik dasar renang gaya punggung yaitu:

  1. Posisi badan
    a. Teknik meluncur
    Dilakukan dengan cara mengambang dengan posisi badan terlentang
    Posisi meluncur renang gaya punggung
    • Kedua tangan memegang tepi kolam
    • Kedua kaki ditekuk keatas dengan menumpu dinding kolam dengan kuat
    • Posisi kedua lutut berada diantara kedua lengan
    • Pegangan dilepaskan,kepala diluruskan kebelakang kemudian kaki mendorong dengan kuat agar tubuh terdorong kebelakang
    • Posisi wajah tetap diatas permukaan air kemudian kedua lengan tetap berada disisi tubuh
    • Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga meluncur dengan sempurna
    b. Bentuk-bentuk posisi dalam meluncur
    • Tahap persiapan
    • Tahap pelaksanaan
    • Tahap lanjutan
  2. Gerakan kaki
    Untuk gerakan kaki sama dengan gaya bebas hanya saja pada gaya punggung badan terlentang dengan menggerakan kaki keatas dan kebawah.
  3. Gerakan lengan
    a. Fase menarik
    Gerakan menarik dilakukan sesudah telap tangan masuk beberapa inci dari permukaan air,kemudian siku ditekukkan dan telapak tangan berada diposisi samping bahu
    b. Fase mendorong
    Dilakukan ketika dorongan akhir tarikan tangan.
    c. Fase istirahat
    Harus dilakukan dengan rileks seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong.
  4. Gerakan pengambilan nafas
    Dalam renang gaya punggung saat pengambilan nafas itu dilakukan pada saat fase istirahat dari salah satu lengan dan mengeluarkan nafas ketika istirahat dari lengan yang satunya.
  5. Koordinasi gerak
    Gerakan koordinasi terdiri dari gerakan meluncur, gerakan kaki lalu gerakan lengan dan pernafasan hingga sampai berbentuk renang gaya punggung secara benar.
  6. Start renang gaya punggung
    • Posisi tangan dan kaki menggantung
    • Tarik kedua tangan lalu melanjutkan dengan gerakan menolak
    • Kedua kaki ditolakkan lalu tangan diayunkan tetapi posisi kepala menengadah
    • Lengan bergerak ke samping
    • Seudah kaki menolak tangan harus tetap lurus
    • Lentingkan tubuh
    • Badan meluncur dibawah permukaan ai.

Setelah mengulas apa itu renang gaya punggung dan macam-macam teknik dasar gaya punggung adapun beberapa manfaat dari renang gaya punggung tersebut untuk yang pertama manfaatnya melatih otot pada tubuh anda, bisa juga untuk membakar kalori dalam tubuh anda dalam waktu 30 menit dapat membakar 200 kalori, membantu untuk memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik dan yang terakhir bisa merilekskan tubuh anda disaat mood anda tidak baik maka lakukan renang gaya punggung dengan baik dan rileks maka mood tersebut akan cepat membaik seperti semula lagi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email