Meningkatkan Kualitas Renang Agar Badan Tinggi

Oleh: Aas Ariska
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

RENANG adalah salah satu cabang olahraga yang beraktivitas di dalam air, dan sangat populer di berbagai kalangan usia. Karena selain menyegarkan tubuh, juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan juga bisa di jadikan olahraga dan banyak klub-klub mengirimkan atlet-atlet dalam pertandingan-pertandingan cabang renang ini dari nasional sampai internasional. Dimana gerakan renang ini biasa dilakukan di dalam air dan membutuhkan koordinasi tangan dan kaki, olahraga renang ini yang di perlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada. Atlet yang dinyatakan menang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat.

Memiliki struktur badan yang tinggi sehingga dapat kagumi bagi setiap orang. Karena memiliki badan yang tinggi orang itu akan terlihat lebih baik, dan banyak orang tua mendaftarkan anaknya ke klub renang di sekitar rumahnya agar anaknya memiliki postur tubuh tinggi. Berenang menjadi olahraga yang sering diandalkan oleh orang tua untuk mengajar anaknya bertambah tinggi, selain untuk pertumbuhan tinggi badan berenang juga memiliki manfaat sepeti: melatih memperkuat pernafasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, sehat buat jantung, membentuk tubuh ideal, meringankan stres, meredakan peradangan sendi, menurunkan berat badan, melangsingkan badan, menurunkan resiko diabetes, meningkatkan mood, alternatif terapi cidera, baik bagi kesehatan paru-paru.

Namun hingga saat ini renang dianggap berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan karena olahraga ini mampu mengeluarkan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, hampir semua otot pada tubuh digunakan saat berenang, sehingga dapat membantu memanjangkan otot pada tubuh.

Selain itu, hampir semua otot dalam tubuh bekerja saat melakukan olahraga renang sehingga dapat membantu menambah tinggi badan anak. Pada otot, terutama kaki, lengan, tulang belakang, dan dada banyak di berikan penekanan pada saat berenang. Hal ini dapat meningkatkan fungsi otot dan juga dapat meningkatkan pelemasan energi. Berenang memungkinkan anak bernafas lebih banyak oksigen. Oksigen tersebut kemudian terdapat membantu tubuh anak dalam memperbaiki sel yang rusak pada tubuh anak.

Tidak semua orang gemar dengan aktivitas berenang dengan menguasai teknik gaya yang benar. Sebaiknya, harus mengetahui terlebih dahulu gaya renang yang tepat untuk menambah tinggi badan, berenang juga mampu pertumbuhan tulang secara cepat dan membentuk otot. Melakukan aktivitas berenang ini harus secara rutin dan terbukti meninggikan tinggi badan selama melakukan gerakan yang benar. Selain memiliki manfaat menambah tinggi badan, renang gaya bebas memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh yang baik seperti: membuat jantung lebih sehat, mengurangi resiko diabetrs, memperbaiki kadar kolesterol.

Olahraga berenang akan memberikan tekanan lebih dari pada otot terutama otot lengan, kaki, tulang belakang dan dada. Faktor genetik juga dapat mempengaruhi oleh faktor lingkunngan, jika lingkungan dan nutrisi mendukung bukkan tidak mungkin seorang anak akan tumbuh dengan tubuh yang tinggi, maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi, olahraga dan kualitas tidur untuk mengoptimalkan tubuh kembangnya. Ada berapa faktor yang perlu diperhatikan jika ingin membantu si kecil tumbuh tinggi seperti: olahraga rutin, asupan nutrisi, istirahat yang cukup. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email