FOTO BHL

ILUSTRASI: Para petani tengah memanen padi Foto: Dok Spirit

KARAWANG, Spirit



Target produksi padi di Kabupaten Karawang,  pada tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya akibat belum normalnya kondisi cuaca.“Sesuai dengan target produksi padi yang ditentukan Pemprov Jawa Barat, maka pada tahun 2016 target produksi padi di Karawang mengalami penurunan,” kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan setempat Kadarisman di Karawang, Minggu (17/1). Dia mengatakan, pada tahun ini target produksi padi ditetapkan mencapai sekitar 1,3 juta ton. Sedangkan pada tahun sebelumnya atau pada 2015, target produksi padi di Karawang sekitar 1,4 juta ton.

Begitu juga dibandingkan dengan tahun 2014, target produksi padi di Karawang pada tahun ini menurun drastis. Catatan Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan Karawang, target produksi padi pada 2014 mencapai 1.489.871 ton.

“Penurunan target produksi pada tahun ini yang ditentukan Pemprov Jawa Barat cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Menurut dia, pada dasarnya target produksi padi dari tahun ke tahun selalu meningkat, dan baru pada tahun 2016 ini target produksi padi mengalami penurunan.

Kadarisman mengatakan, di antara alasan Pemprov Jabar menurunkan target produksi padi ialah karena kondisi cuaca yang belum normal. Ditambah lagi persoalan alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian yang dinilai mengganggu produktivitas padi di berbagai daerah.

Meski sesuai ketetapan Pemprov Jabar target produksi padi di Karawang menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tetapi Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Peternakan Karawang akan tetap berusaha meningkatkan produktivitas padi.

“Itu target dari Pemprov Jabar yang menurun. Kita mempunyai target produksi padi sendiri pada 2016 yang diharapkan meningkat sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya,” kata dia.(ant)