Pengaruh Aktivitas Renang Terhadap Peningkatan Motorik Pada Anak

Oleh: Hilmi Bagas Fadillah

MOTORIK adalah suatu istilah yang mengambarkan suatu perilaku Gerakan yang di lakukan oleh tubuh manusia,Menikatnya motorik di sebabkan oleh suatu pengalaman gerakan atau bisa juga di sebabkan oleh keadaan latihan terus menerus sehinga gerakanya relatif permanen dan bukan di sebabkan oleh adanya pertumbuhan manusia secara berkala.

Menurut sukadiyanto (1997:70),Mendefinisikan bahwa “Keterampilan motorik adalah kemampuan seseorang untuk melakukan keterampilan gerak yang lebih luas, dan dijelaskan bahwa keterampilan motorik adalah kemampuan umum yang berkaitan dengan kinerja berbagai keterampilan atau tugas gerak”.

Renang adalah salah satu olahraga yang paling banyak diminati di kanca dunia maupun di Indonesia,Aktifitas renang banyak sekali manfaatnya salah satunya bisa meningkatkan perkembangan motorik terutama untuk anak-anak.Dengan adanya aktfitas renang anak-anak bisa di latih daya motoriknya karena saat aktifitas renang tubuh di pergunakan semuanya dan memerlukan koordinasi yang baik.

Aktivitas merupakan suatu defisi yang mengambarkan perilaku gerak yang di lakukan manusia,menurut Anton M. Mulyono (2001 : 26),Aktivitas artinya “Kegiatan atau keaktifan.dan menurut Sriyono aktivitas adalah segala kegiatan yang di laksanakan baik secara jasmani atau rohani.

Renang adalah aktivitas olahraga yang di lakukan di dalam air,Olahraga renang sangat popular di dunia maupun di Indonesia,menurut Ama Abdoelah (1981) Renang adalah suatu jenis olahraga air,baik di air tawar maupun air asin atau laut,dan menurut Budiningsih (2010) Renang adalah salah satu olahraga air yang di lakukan dengan menggerakkan badan dia air,seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga tubuh terapung di permukaan air. Berenang adalah hobi yang sangat menyenangkan di antara semua usia. Sekarang berenang juga dijadikan sebagai sarana hiburan keluarga, karena di tempat-tempat berenang sekarang sebagian besar difasilitasi dengan berbagai cara permainan. Ini adalah cara sempurna untuk memamerkan diri anda Anak-anak berenang melalui permainan. Perkembangan motorik kasar melibatkan otot-otot besar lengan, kaki, dan tubuh. Aktivitas motorik kasar penting untuk banyak aktivitas fisik sehari-hari, termasuk berjalan, mengangkat, berlari, melempar, menendang, dll. Keterampilan motorik kasar cenderung berkembang lebih awal daripada keterampilan motorik halus, dan keterampilan motorik halus juga menjadi dasar dan berhubungan dengan kesadaran tubuh, keseimbangan, kekuatan, dan kecepatan reaksi. Keterampilan motorik kasar mulai berkembang sejak lahir. Di setiap usia ada tonggak yang harus dicapai anak-anak. Dengan performa yang optimal untuk usianya, si kecil akan tumbuh dengan baik kedepannya tanpa kesulitan.

Berenang yang tepat dan benar memungkinkan tubuh tumbuh dan keterampilan motorik menjadi lebih kuat. Dengan kata lain, berenang dapat dikategorikan sebagai olahraga aerobik di dalam air yang memiliki tugas sempurna untuk melatih kemampuan motorik dengan baik. Dalam perkembangan aspek motorik pada anak banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh orang tua atau guru. Di antara sarana lainnya mengembangkan aspek motorik pada anak dengan melakukan aktivitas dalam lokal. Anak-anak dapat bermain di air kapan pun mereka mau. anak-anak bisa bermain Beraktivitas lah di dalam air di waktu senggang Anda dengan banyak permainan dan aktivitas. Namun, diperlukan pengawasan khusus saat anak-anak bermain di air. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email