KARAWANG, Spirit – Satlantas Polres Karawang gelar operasi penertiban bus angkutan umum di Terminal Klari, Karawang, Jumat (15/12). Penertiban digelar guna memastikan seluruh bus berada dalam kondisi laik jalan, jelang datangnya libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP Arman Sahti mengatakan penertiban digelar agar seluruh bus mentaati aturan kelengkapan surat kendaraan.

“Bus yang tidak laik jalan tidak diperbolehkan menarik penumpang berlaku mulai, Jumat (15/12) hingga tahun baru nanti,” kata Arman.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan petugas tak hanya surat kendaraan saja. Fungsi rem dan kondisi mesin pun tak luput dari perhatian petugas. Tidak ketinggalan, awak bus pun wajib menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter yang telah disiapkan petugas di lokasi.

“Kami temukan satu bus yang remnya tidak berfungsi dengan baik . Kami larang bus tersebut berangkat, tadi sudah dikoordinasikan dengan Dishub,” ujarnya.

Beberapa bus, kata dia, terpaksa ditilang karena surat kendaraanya tidak lengkap.

Arman memperkirakan, pada libur panjang Natal dan Tahun Baru, Terminal Klari akan dipadati penumpang. Pasalnya, libur antara anak sekolah dengan pekerjaan orangtuanya berbarengan.

“Kami harus pastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang setiap bus yang keluar dari Karawang terjamin. Makanya wak bus juga kami cek kesehatannya,” ungkapnya.

Tak hanya di terminal ataupun di jalan, pihak Satlantas Polres Karawang pun menghimbau seluuh PO bus untuk mengecek secara khusus armadanya sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Kami sudah katakan kepada mereka agar tidak main-main soal ini. Kedapatan mengabaikan imbauan, kami akan tindak tegas,” katanya.(dit)