Kepala SDN Sukatani II beserta dewan guru berikan apresiasi kepada peserta dokter kecil

Siswa SDN Sukatani II Dilatih Jadi Dokter Kecil

KANAN-1-400x238 Siswa SDN Sukatani II Dilatih Jadi Dokter Kecil
Kepala SDN Sukatani II beserta dewan guru berikan apresiasi kepada peserta dokter kecil

CILAMAYA WETAN, Spirit

Puluhan siswa SDN Sukatani II, Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat, mengikuti pelatihan dokte rkecil di sekolah setempat, Senin (5/12).

Kegiatan yang digelar oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukatani, adalah bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi dokter kecil yang memiliki kompetensi khusus dan peduli terhadap hidup bersih dan sehat.

Kepala SD Negeri Sukatani II, Asep Sutisna, mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda rutin sekolah yang dilakukan dalam tiap tahun sekali.

“Pelatihan dokter kecil dibimbing langsung oleh dokter Puskesmas Sukatani, serta tenaga medis yang lain. Kegiatan ini untuk peningkatan dokter kecil disekolah,” ujarnya kepada Spirit Jawa Barat di sekolah.

Dengan kegiatan ini, Asep berharap, para siswa bisa memahami bagaimana tatacara memberikan pertolongan pertama kepada kawannya apabila ada yang sakit di sekolah.

“Kami juga berharap sekolah-sekolah lain dicilamaya wetan bisa melakukan kegiatan seperti ini, agar anak didik dapat memahami tatacara dalam menolong yang sakit,” katanya.

Perwakilan tenaga medis Puskesmas Sukatani, Rina mengatakan, para siswa tersebut mendapatkan pelatihan tentang materi kesehatan, di antaranya tanda umum anak bergizi, seperti pengenalan lingkungan yang sehat, serta kebiasaan pola hidup sehat.

“Dokter Kecil Mahir Gizi dibekali materi pengetahuan mengenai gizi, sumber energi, zat pengaturan dan zat pembangun. Bekal ini menjadi modal untuk dikembangkan dan ditularkan kepada teman dan lingkungannya,” katanya.

Pantauan awak media dilokasi, selain menerima materi dari fasilitator, para dokter cilik diberikan kesempatan untuk mempraktikkan ilmu kesehatan yang diperolehnya. (wan)

Comments

comments

Check Also

Serangan Hama Wereng Sebabkan Petani Gagal Tanam

KUTAWALUYA, Spirit Setelah mendapat desakan dari para petani Desa Sindangmulya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *