CILAMAYA WETAN, Spirit



Rubella yang istilah lainnya disebut Campak Jerman merupakan jenis penyakit yang sama dengan campak, dan tergolong sangat berbahaya. Hal tersebut dikatakan Kasubag TU Puskesmas Sukatani Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang, Syarifudin ketika dijumpai Spirit Jawa Barat di ruang kerjanya, Sabtu (29/7).

“Penyakit campak dan rubella ini merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan tergolong berbahaya. Menjangkit kemanusia biasanya lewat pernafasan. Jenis penyakit ini biasanya sering menyerang pada anak-anak usia dibawah lima tahun, dan sangat rentan tertular. Penyakit rubella dapat menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata, tuui, keterlambatan perkembangan dan keruksakan pada jaringan otak,” ungkap Syarifudin.

Menurut Syarifudin, bila anak sama sekali belum pernah mendapat imunisasi maka rentan terjangkit virus tersebut. Untuk menangani permasalaha itu, pemerintah melalui dinas kesehatan melakukan program kampanye pencegahan penyakit melalui pemberian imunisasi atau vaksin MR, yakni pengkombinasian antara vaksin Campak/Meales (M) dan Rubella (R) kepada warga masyarakat.

“Sasaran utamanya pada anak usia sembilan bulan hingga enam tahun. Pelaksanaannya nanti bulan Agustus, di seluruh Indonesia secara serentak,” katanya.

Dikatakan Syarifudin, warga masyarakat dihimbau tidak ragu pada saat imunisasi anak. Karena, sebelum diberikan keanak vaksin tersebut sudah melalui uji kehalalan dan mendapat fatwa MUI, sehingga imunisasi ini tergolong aman dan terjamin.

“Dimohon sebelum diberikan suntikan imunisasi. Anaknya agar diberi makan dahulu,” pungkasnya. (wan)