Petugas bersenjata lengkap jaga ketat PT GMP Kawasan Industri Indotaisei Cikampek.

PT GMP di Jaga Ratusan Personil Bersenjata

KARAWANG, Spirit
Tersiar kabar bahwa akan adanya rencana demo besar-besaran yang bakal dilaksanakan oleh aliansi lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang mendapatkan perlawanan dari LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dipastikan batal. Ini menyusul dengan adanya mediasi antara massa yang pro dan massa ya g kontra dari kedua aliansi LSM serta perwakilan LSM GMBI yang telah siap mengerahkan massa untuk mengbackup perusahaan.

“Berdasarkan pemberitahuan dari Polres Karawang, rencana aksi demo massa besar-besaran LSM itu batal,” terang Kapolsek Cikampek, Kompol Dony Satria Wicaksana, Rabu (13/09) kepada media yang menunggu kedatangan massa di PT Gemala Kempa Daya (GMP) di kawasan Industri Indotasei Cikampek.

Lebih jauh, Kapolsek Cikampek ini memastikan soal rencana aksi unjuk rasa Pro-Kontra LSM yang dilaksanakan Rabu (13/09) kemarin batal dan situasi keamanan kondusif.

Hal itu setelah adanya mediasi antara oleh pihak keamanan dari Polres Karawang memanggil seluruh Ketua LSM yang sempat memanas tadi malam untuk mengerahkan massa di PT GMP serta sejumlah elemen yang terlibat didalamnya.

“Sebelumnya memang ada rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan masa aksi yang pro dan kontra terkait bisnis pengelolaan limbah perusahaan pembuat Casis atau spare part kendaraan bermobil ini,” imbuhnya.

Padahal sebelumnya, dalam rencana aksi demo itu diperkirakan bakal ada sekitar ribuan massa yang akan mengepung perusahaan pembuat Casis atau spare part kendaraan tersebut. Namun hal itu sudah diantisipasi terlebih dahulu. Apalagi, dampak yang akan terjadi saat unjuk rasa berlangsung juga bisa menimbulkan keamanan dan ketenangan dan kenyamanan.

“Hasil keputusan kemarin, ada beberapa poin yang sudah disepakati antara ketua LSM baik yang pro maupun yang kontra . Tapi yang terpenting rencana unjuk rasa yang dijadwalkan hari ini tidak jadi terlaksana sehingga situasi dalam keadaan kondusif,” tegasnya.

Dari pantauan Spirit Jawa Barat dilokasi, PT GMP di jaga ketat ratusan petugas kepolisian bersenjata lengkap dari Polsek Cikampek yang dibantu dari Polres Karawang bersama Koramil Cikampek dan Satpol PP Karawang.

“Ini hanya antisipasi saja apabila mereka tetap ngeyel untuk melakukan aksi. Tapi syukur alhamdullilah situasi tetap aman terkendalin serta kondusif. Dan gak ada aksi apa-apa juga,” paparnya lagi.

Sementara sebelum aksi berlangsung, lanjut Dony berbagai upaya preventif sudah dilakukan, mengingat massa aksi yang cukup besar. Sehingga jika demo direalisasikan maka akan berdampak keamanan dan kenyamanan lingkungan yang luar biasa.

“Oleh karenanya, dari awal sudah dilakukan mediasi. Hasilnya sudah disetujui mereka antara massa pro dan massa kontra,” ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Cikampek, Roni Usman mengatakan rencana menggelar aksi dengan beberapa LSM tersebut telah mencederai rasa keamanan dan kenyamanan warga di sekitaran Kecamatan Cikampek khususnya warga dilingkungan perusahaan, karena dampak negatifnya dipastikan ada kalau aksi besar-besaran tersebut terjadi.

“Kalau aksi besar-besaran terjadi di kawasan Industri Indotaisei sampai makan korban, akan berdampak secara pysychologis pada lingkungan sekitar, karena karyawan di perusahaan tersebut merupakan putra daerah Cikampek,” kata pria yang akrab disapa Rous.

Karena dalam aksinya tersebut, tambah Rous, ditengarai masalah hubungan perebutan lahan bisnis untuk pengelolaan limbah industri.

“Jadi penyelesaiannya harus musyawarah sehingga tidak terjadi lagi bersitegang demi kepentingan bisnis. Saya merasa prihatin karena rencana aksi tersebut ditenggarai masalah perebutan lahan bisnis limbah,” tambah Rous.

Sementara pihak Perusahaan produksi Casis kendaraan tersebut (PT GMP, red), saat dimintai keterangan enggan memberikan keterangan karena manajemen masih melakukan rapat. (not)

kaki-1-400x268 PT GMP di Jaga Ratusan Personil Bersenjata
Petugas bersenjata lengkap jaga ketat PT GMP Kawasan Industri Indotaisei Cikampek.

Comments

comments

Check Also

Pelaku Pencurian Kayu Dicokok Polisi

KOTABARU, Spirit Satu dari dua pelaku pencuri kayu jati di kawasan Kabupaten Subang, ditangkap petugas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *