Mengenal Tato Dengan Perawatannya, Jimmy Chikberttoo; Jangan Asumsikan Tato Dengan Kriminalitas

WhatsApp-Image-2017-11-12-at-11.34.35-400x300 Mengenal Tato Dengan Perawatannya, Jimmy Chikberttoo; Jangan Asumsikan Tato Dengan Kriminalitas
CIKAMPEK, Spirit

Tato merupakan seni menggambar objek pada tubuh yang bagi sebagian orang dapat memperindah bagian tubuh. Beragam motif, bentuk dan warna tato tentu saja dapat disesuaikan dengan kesenangan setiap pribadi orang yang diinginkannya.

“Jika dulu tato identik dengan sesuatu yang kurang baik atau seram, kini tato semakin berkembang dengan gambar dan bentuk yang kekinian dan tak menyeramkan. Satu hal yang lebih penting, tato itu adalah seni tubuh dan jangan asumsikan orang bertato adalah orang yang bermasalah dengan tindak kriminalitas,” ujar seorang seniman tato asal Cikampek yang tergabung didalam komunitas Chikampek Bertattoo atau Chikberttoo, Jimmy (37) kepada Spirit Jawa Barat di studio tatonya di Jeva Store Tato Studio, Minggu (12/11).

WhatsApp-Image-2017-11-12-at-11.34.35-400x300 Mengenal Tato Dengan Perawatannya, Jimmy Chikberttoo; Jangan Asumsikan Tato Dengan Kriminalitas

Jimmy yang mulai menggeluti seni menggambar objek tubuh tato sejak tahun 2000an itu, kini ia terus focus mengeluti karirnya dan bahkan tidak sedikit orang-orang yang mencintai seni tato, datang ke studio tatonya yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani nomor 26 Fly Over Cikampek, hanya untuk meminta tips merawat tato dengan kecerahan warna tato yang baik dan benar.

“Orang-orang yang tergabung didalam Chikampek Bertato (Chikberttoo), hampir rata-rata kalangan muda-mudi hingga orang tua lanjut usia yang penuh dengan kreatifitas seni yang tinggi. Bahkan, di studio tato saya ini, kita sering berkumpul dan saling bertukar pikiran tentang tata cara mentato yang baik dan benar seperti apa, serta melakukan perawatan tato juga. Ya seperti Coaching Clinic Tato lah,” ungkapnya.

Menurutnya, melakukan tata cara tato yang baik adalah seperti sterilisasi si pelaku seni tubuh dengan safety dan selalu memberikan tata cara perawatan tato yang baik.

“Jarum suntik harus baru dan hanya sekali pakai, itu mencegah terjangkitnya penyebaran virus HIV/Aids, pelukis tato wajib menggunakan masker dan sarung tangan setiap kali akan melakukan kelihaian tangannya mentato orang, dan yang paling utama tetap menjaga kebersihan serta selalu mengecheck kondisi kesehatan orang yang akan ditato. Kalo tensi darahnya sedang menurun, itu gak baik dan kita juga gak akan berani mentatonya,” terangnya.

WhatsApp-Image-2017-11-12-at-11.34.35-400x300 Mengenal Tato Dengan Perawatannya, Jimmy Chikberttoo; Jangan Asumsikan Tato Dengan Kriminalitas

Tips Perawatan Tato Baru

Dalam melakukan perawatan tato baru, sambung Jimmy, lepaskan lapisan pembungkus tatu baru dan bersihkan dengan air hangat agar kulit menerima suplay oksigen dengan cukup.

“Tidak dianjurkan untuk pemakaian obat anti biotik pada tato baru, karena obat ini tergolong obat daftar G yang mana harus dengan resep dokter. Apabila terjadi pemakaian tidak sesuai takarannya, virus maupun bakteri akan menjadi kebal terhadap anti body dan juga anti biotik lainnya,” ujarnya.

Dalam tato baru juga, dianjurkan dalam 3 hingga 4 hari untuk menjaga kebersihannya membersihkan area dengan menggunakan air hangat yang dicampur detol secukupnya, karena masa-masa tersebut adalah masa-masa pemulihan jaringan kulit yang luka akibat bekas proses tato.

“Setelah kering dan kulit mengalami pelepasan atau pengelupasan kulit mati akibat bekas dilukai jarum, akan menimbulkan efek gatal karena bakteri akan memakan selaput jaringan kulit yang rusak. Jangan menggaruk tato, biarkan mengelupas secara alami,” tegasnya.

Dalam perawatan tato baru, tato baru harus sering diolesi dengan salep khusus perawatan tato dengan tipis dan rata untuk membantu penataan jaringan kulit yang baru dimasa penyembuhan sebagai suplay nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit tersebut.

“Bila ingin melakukan eksperiment atau improvisasi dengan bahan-bahan lainnya, cek dulu komposisi dan kandungan bahan-bahan tersebut, juga rekam medisnya agar tidak terjadi kontra dengan tubuh. Bila terjadi iritasi kulit, kulit melepuh atau kulit bernanah, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter kulit agar lebih aman. Biasanya kasus seperti ini terjadi akibat luka tato terinfeksi akibat perawatan tidak maksimal dalam kurang menjaga kebersihan dalam masa penyembuhan,” katanya.

Masih kata Jimmy, hindari mengeluarkan keringat berlebihan dimasa penyembuhan karena keringat yang berlebihan akan membuat jamur dan parasite kulit bersarang serta berkembang dengan pesat.
“Jangan berenang di kolam renang karena biasanya air kolam renang mengandung kaporit yang akan bisa membuat penurunan pada kwalitas kecerahan warna tatonya. Masa penyembuhan kulit pada luka, kurang lebih 21hari untuk menyusun jaringan kulit seperti sedia kala,” lanjut Jimmy.

Ditambahkan Jimmy juga, pemakai tato baru, diminta untuk menghindari pemakaian body lotion dalam masa penyembuhan karena mengandung whitening atau pemutih, juga tidak dianjurkan menggunakan baby oil karena ada beberapa produk baby oil yang bahan dasarnya menggunakan minyak sintetis.

“Bahan-bahan tersebut bisa memungkinkan menurunnya kwalitas kecerahan warna tato. Dan yang penting, selalu pastikan area sekitar tato baru serta semua benda yang bersentuhan langsung dengan tato, seperti tangan, baju, sprei, handuk dan lainnya, selalu dalam kondisi bersih,” pungkas Jimmy Chikberttoo yang ditemui di studio tatonya mengakhiri wawancara dengan Spirit Jawa Barat. (not)

Comments

comments

Check Also

Pelaku Pencurian Kayu Dicokok Polisi

KOTABARU, Spirit Satu dari dua pelaku pencuri kayu jati di kawasan Kabupaten Subang, ditangkap petugas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *