Ketua Umum KONI Karawang, H. Sayuti Haris.

KARAWANG, Spirit



Sebanyak 12 cabang olahraga (cabor) kontingen Karawang tercatat telah menjalani gelaran babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat (Jabar) sejak September hingga November 2017.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang, Sayuti Haris, melalui Sekretaris Umum KONI, Joni Heru, mengatakan, ke-12 cabor tersebut antar lain bola voli, bola basket, taekwondo, karate, futsal, atletik, bridge, dayung, hoki, catur, sepakbola dan kempo.

“Dari 12 cabor tersebut, empat cabor dipastikan gagal meraih tiket ke Porda 2018 yang akan digelar di Kabupaten Bogor.  Yaitu bola voli, bola basket, futsal dan sepakbola,” ujar Joni Heru, baru-baru ini.

Sedangkan keputusan terkait delapan cabor lainnya, lanjut dia, akan ditentukan setelah semua cabor selesai menjalani BK yang rencananya berakhir pada Desember 2017.

“Jika mengacu pada regulasi yang dikeluarkan tim satlak pelatkab adalah ranking tiga besar, dan kebijakan ketua umum KONI yaitu ranking tiga besar plus satu yang akan diberangkatkan ke Porda. Namun, finalisasi ranking akan kami evaluasi lagi pada awal tahun 2018, setelah menerima laporan resmi hasil BK dari seluruh cabor,” ucapnya.

Dijelaskan Joni, dengan selesainya 12 cabor tersebut, total Karawang menyisakan 20 cabor yang belum menjalani BK. Pasalnya, KONI menyiapkan sebanyak 32 cabor untuk menghadapi gelaran BK Porda.

Sesuai jadwal, sembilan cabor (Anggar, Pabbsi, balap motor, balap sepeda, bulutangkis, gulat, panjat tebing, renang dan tarung derajat) menjalani BK pada Desember. Tiga cabor (judo, tenis lapangan dan menembak) tidak melalui BK.

“Hingga November 2017, delapan cabor lainnya (golf, panahan, pencak silat, selam, tinju, tenis meja, biliar dan sepatu roda) belum ada laporan kepada kami terkait jadwal pelaksanaan BK,” katanya. (ayi)