2087 Petani Cilamaya Wetan Telah Miliki Kartu Tani

Kaki-2-400x300 2087 Petani Cilamaya Wetan Telah Miliki Kartu Tani

CILAMAYA, Spirit

Proses pendataan kartu tani untuk memperoleh pasokan pupuk subsidi di Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang masih berlangsung hingga awal Desember 017 ini, dan jumlah petani yang sudah terdata baru mencapai sebanyak 45 persen.

“Pendataan kartu tani sudah dilakukan, difasilitasi oleh penyuluh lapangan dari dinas UPTD Pertanian Cilamaya Wetan,” ujar Kepala Dinas UPTD Pertanian Cilamaya Wetan, Akhmad  kepada Spirit Jawa Barat, Selasa (5/12).

Saat ini lanjut Akhmad, proses pendataan petani untuk memperoleh kartu tani masih terus dilakukan oleh penyuluh pertanian  lapangan (PPL). Akhmad menerangkan secara keseluruhan kartu tani tersebut belum diserahkan kepada para petani.

“Waktu penyerahan kartu tani dicilamaya wetan belum diketahui secara pasti. Kami akan koordinasikan dulu dengan pihak bang mandiri. Penggunaan kartu tani ini diluncurkan pemerintah pusat supaya penyaluran pupuk subsidi didaerah bisa lebih tetap sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu penyuluh pertanian lapangan (PPL), Agus, mengaku para petani didesa binaannya sudah didata untuk pembuatan kartu tani. Sepengetahuannya pendataan belum tuntas, hanya baru mencapai 45 persen. Menurut Agus, pendataan tersebut dilakukan oleh para penyuluh pertanian di lapangan. Di mana lanjut Agus, para petani diwajibkan menyerahkan data berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

“Selepas pendataan para petani belum mengetahui kapan waktu penyerahan kartu tani tersebut. Informasi baru sebatas  fungsi dari kartu yang akan digunakan untuk kebutuhan penyaluran pupuk bersubsidi dari pemerintah,” katanya. Sementara itu di Cilamaya Wetan sebanyak 2087 orang telah didata untuk mendapatkan kartu tani dari pemerintah pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Karawang. Proses pendataan untuk pembuatan kartu tani terus dilakukan.

“Hasilnya yang terdaftar baru 2087 orang untuk mendapatkan kartu tani. Rencananya, setelah proses pendataan selesai akan dilanjutkan dengan pembagian kartu pada pertengahan Desember 2017 sekarang,” pungkasnya. (wan)

Comments

comments

Check Also

Serangan Hama Wereng Sebabkan Petani Gagal Tanam

KUTAWALUYA, Spirit Setelah mendapat desakan dari para petani Desa Sindangmulya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *